Breaking News:

Tinjau Pasar Sederhana, Satgas Covid-19 Ingatkan Pedagang dan Pembeli Jangan Bandel

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung minta pedagang, pembeli, sampai pengelola pasar jangan bandel dan patuhi protokol kesehatan

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Siti Fatimah
Tribunjabar/Putri Puspita Nilawati
ilustrasi Suasana Pasar Sederhana - - Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna meminta para pedagang, pembeli, sampai pengelola pasar termasuk Perusahaan Umum Daerah Pasar Juara Kota Bandung untuk saling mengingatkan terkait protokol kesehatan. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna meminta para pedagang, pembeli, sampai pengelola pasar termasuk Perusahaan Umum Daerah Pasar Juara Kota Bandung untuk saling mengingatkan terkait protokol kesehatan.

Pasar tradisional, katanya, salahsatu sektor ekonomi yang dikecualikan atau boleh untuk beroperasi selama PPKM darurat.

Kota Bandung saat ini kata Ema masih berstatus zona merah atau beresiko tinggi penyebaran kasus covid di Jabar.

Baca juga: PPKM Level 3 Juga Diterapkan di Kabupaten Bandung Barat, Ini Langkah Pemda KBB

"Sejak awal PPKM darurat itu, pasar tradisional dikecualikan tapi jangan dijadikan keistimewaan. Jadi, untuk menjaga keberlangsungan ekonomi masyarakat mereka harus saling ingatkan berdisiplin protokol kesehatan," katanya di Pasar Sederhana, Sukajadi, Rabu (21/7/2021).

Petugas pasar, Ema mengingatkan untuk tidak sekedar rutinitas melainkan harus berkeliling pasar, sehingga ketika ditemukan ada pedagang membandel maka perlu diperingatkan.

"Jika masih bandel ya bisa cabut izinnya usahanya. Karena ada dalam undang-undang dan bahkan bisa masuk ke ranah pidana," katanya.

Baca juga: PPKM Level 3 Juga Diterapkan di Kabupaten Bandung Barat, Ini Langkah Pemda KBB

Ema selanjutnya meminta Perumda Pasar Juara Kota Bandung untuk terus sosialisasi masif tentang pencegahan covid, salah satunya woro-woro lewat pengeras suara.

"Berlaku untuk semua pasar di Kota Bandung. Relaksasi ada tapi harus ubah jika di lapangan tak mendukung. Pedagang jangan bandel tak patuh pada protokol kesehatan. Saya minta kesadarannya," ujarnya.

Direktur Perumda Pasar Juara Kota Bandung, Hery Hermawan mengaku siap menjalankan arahan satgas untuk penerapan aturan dan penindakan yang melanggar protokol kesehatan di pasar.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang dan Jadi PPKM Level 4, ABSI Minta Pemerintah Jamin Kehidupan Masyarakat

Adapun sanksi yang diberikan bagi yang membandel, katanya, bisa berupa administrasi seperti penarikan surat pemakaian tempat berjualan (SPTB) sebagai syarat hak pedagang.

"Atau sanksi lainnya bisa tindak pidana apalagi PKL di pasar-pasar termasuk Pasar Sederhana yang masih banyak PKL," katanya. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved