Breaking News:

Puluhan Warga Bersama Hewan Kurban Datangi RPH Ciroyom, Pemotongan Masih Diterima Hingga Jumat

Rumah potong hewan (RPH) Ciroyom Jalan Arjuna diserbu warga yang membawa sapi kurban yang akan dipotong, Rabu (21/7).

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
DOK. TRIBUN JABAR
Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Ciroyom, Kota Bandung. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Tiah SM

TRIBUNJABAR. ID,  BANDUNG - Rumah potong hewan (RPH) Ciroyom Jalan Arjuna diserbu warga yang membawa sapi kurban yang akan dipotong, Rabu (21/7).

Sapi hewan kurban yang dipotong di RPH milik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung sebanyak 170 ekor, yakni 90 ekor di RPH Ciroyom dan 80 di RPH di Cirangrang.

Pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom dipantau langsung Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Yana merasa bersyukur pemotongan hewan kurban di RPH milik Pemkot berjalan lancar dengan jumlah per hari yang bisa dipotong per hari 170 ekor sapi di dua RPH.

"Warga yang ingin potong hewan kurban bisa di RPH Ciroyom atau  Cirangrang ditunggu sampai hari Jumat," ujar Yana.

Ia mengatakan,  hewan kurban yang dipotong di RPH sebelum disembelih dan sesudah disembelih  diperiksa dokter hewan.

"Sapi yang sakit tidak bisa disembelih, ada juga sapi sehat setelah disembelih ditemukan ada cacing hati, jelas harus dibuang tidak boleh dikonsumsi," ujar Yana.

Baca juga: Sudah Ada 90 Ekor Sapi Terdaftar, RPH DKPP Kota Bandung Baru Terima Potong Hewan Kurban Besok

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan, walau hari H Idul Adha diminta tidak ada pemotongan tapi banyak yang disembelih di 26 Kecamatan. 

Gin Gin mengatakan data pemeriksaan Post Mortem hari pertama penyembelihan  jumlah pemotongan yang terperiksa sapi 851 ekor. Temuan yang diafkir dari 128 ekor sapi, diafkir seberat 133,72 kg yang terdiri dari hati  117,12 kg dan Paru  : 16,6 kg

Sedangkan jumlah pemotongan yang terperiksa  domba 1.101 eko temuan yang diafkir dari 117 ekor domba, diafkir seberat 11,6 kg yang terdiri dari hati  7,5 kg dan paru  : 4,1 kg

Total sapi dan domba terperiksa 1.952 ekor.

Pemeriksaan dari 26 kecamatan : Bojongloa Kidul, Babakan Ciparay, Andir, Sukasari, Gedebage, Coblong, Cibeunying Kidul, Buah Batu, Ujung Berung, Regol, Bojongloa Kaler, Bandung Kidul, Cidadap, Cibiru, Sukajadi, Arcamanik, Kiaracondong, Antapani, Lengkong, Cinambo, Bandung wetan, Bandung Kulon, Cicendo, Mandalajati, Astanaanyar, Cibeunying Kaler. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved