Breaking News:

PPKM Level 3, Aturan Kapasitas Penumpang Transportasi Umum di Bandung Barat Tetap Diberlakukan

Terkait aturan pembatasan kapasitas penumpang pada transportasi umum, pihaknya tetap mengacu terhadap instruksi Menteri Dalam Negeri.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
ILUSTRASI - Anggota Satlantas Polres Cimahi saat melakukan penyekatan di Pos PPKM Darurat di Padalarang, KBB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Aparat kepolisian tetap memberlakukan aturan kapasitas penumpang transportasi umum di Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama wilayah ini menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 23 Tahun 2021 bahwa transportasi umum, seperti angkutan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, kapasitas penumpangnya hanya 70 persen untuk PPKM Level 3-4.

Kepala Bagian Operasi (KBO), Satlantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah, mengatakan, terkait aturan pembatasan kapasitas penumpang pada transportasi umum, pihaknya tetap mengacu terhadap instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Kita juga mengacu terhadap aturan yang sudah kita laksanakan dalam PPKM Darurat yang sudah berjalan sejak tanggal 3 sampai tanggal 20 Juli 2021," ujarnya saat ditemui di Pos Penyekatan Padalarang, Rabu (21/7/2021).

Sementara untuk melakukan pemantauan dan penindakan bagi pengemudi yang melanggar aturan selama penerapan PPKM Level 3 ini, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan KBB.

Atas hal itu, pihaknya akan setiap hari melakukan pemantauan aturan transportasi umum, termasuk melakukan penyekatan kendaraan dari luar daerah yang masuk ke wilayah hukum Polres Cimahi.

"Iya setiap hari, akan dilakukan sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri selama PPKM Level 3 ini diterapkan sampai tanggal 25 nanti," kata Erin.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Satgas Covid-19 Jabar Sebut ini Pilihan Tepat Kendalikan Covid-19

Pantauan Tribun Jabar, pada hari pertama penerapan PPKM Level 3 ini, belum ada transportasi umum yang melanggar aturan, sehingga aparat kepolisian juga tidak melakukan penindakan.

Namun, polisi tetap memberhentikan pengendara roda dua maupun roda empat dari luar daerah dan pengemudinya diminta untuk menunjukan surat hasil rapid tes antigen dan surat vaksinasi.

"Untuk penyekatan kendaraan tetap dilaksanakan di dua titik, yakni di Padalarang dan di Grafika Lembang," ucapnya.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Pelatih Persib Robert Alberts; Tidak Banyak yang Bisa Kami Lakukan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved