Breaking News:

Keberadaan Cacing Hati Masih Mewarnai Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Tasik, Ini yang Dilakukan

Paparan cacing hati pada hewan kurban temuannya bervariasi. Ada yang utuh terkena cacing hati, ada yang sebagian, bahkan seperdelapan bagian

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Seli Andina Miranti
Dok Tim Kesmavet Disnakan Ciamis
ILUSTRASI - Tim Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis yang dipimpin drh Asri Kurnia, pada hari H Iduladha, Selasa (20/7) mengeecek kondisi kesdehatan pasca penyembelihan (post mortem) terhadap 266 ekor sapi, 230 ekor domba dan 177 ekor kambing di sejumlah tempat penyembelihan kurban. Ditemukan 4 ekor sapi yang hatinya terjangkit penyakit cacing hati (Fasciola hepatica). Berikut satu ekor domb yangterjangkit penyakit yang sama, Bahkan satu ekor sapi diantaranya mengalami komplikasi penyakit cacing hati dan paru-paru bernanah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Keberadan cacing hati masih mewarnai prosesi penyembelihan hewan kurban di Kota Tasikmalaya, Rabu (21/7/2021).

Tim pengawas dan pemantau hewan kurban dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, menemukan cacing hati (fasciola hepatica) pada sejumlah hewan kurban yang disembelih warga kota.

Seperti saat memantau penyembelihan hewan kurban sapi di Kecamatan Indihiang.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap beberapa hewan kurban yang disembelih, kami menemukan adanya cacing hati," kata Kasi Perbibitan dan Produksi, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Cecep Setiawan.

Namun dengan adanya temuan cacing hati, lanjut Cecep, tak lantas daging tidak layak konsumsi.

"Secara umum daging masih layak. Hanya saja hati sapi yang mengandung cacing hati kami minta dimusnahkan, karena bisa berbahaya bagi kesehatan," ujar Cecep.

Baca juga: Daging Kurban yang Melimpah Ini Akan Dibagikan ke Semua Warga, Bagi Fakir Miskin Bakal Ada Tambahan

Ia mengungkapkan, paparan cacing hati pada hewan kurban temuannya bervariasi.

Ada yang utuh terkena cacing hati, ada yang sebagian bahkan ada sekitar seperdelapan bagian.

"Kami minta dimusnahkan saja walau hanya sedikit yang terkena. Takutnya dimasak kurang matang bisa menyebar di tubuh manusia," ujar Cecep.

Baca juga: Cerita Warga Desa Miliarder Ramai-ramai Kurban, Panitia Sampai Kewalahan, Gelar Penyembelihan 2 Hari

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved