Breaking News:

Dengan Memakai Motor Klasik Ridwan Kamil dan Istri Blusukan Bagikan Bantuan Warga Terdampak PPKM

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia Ridwan Kamil, blusukan langsung menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai kepada warga yang

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Firman Suryaman
Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia, naik motor Royal Enfield 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia Ridwan Kamil, blusukan langsung untuk menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai kepada warga yang terdampak kebijakan PPKM Darurat, Rabu (21/7). Aksi turun langsung ke lapangan ini juga diikuti lewat elemen Jabar Bergerak ke berbagai kota dan kabupaten di Jabar.

Ridwan Kamil mengatakan langkah ini diambil sambil pihaknya menunggu kejelasan mengenai data warga yang mendapat bantuan sosial dari Kementerian Sosial dan Kementerian Desa. Dari rapat terakhir, katanya, warga Jawa Barat yang mendapatkan bansos dari pemerintah pusat tersebut mencapai 63 persen.

Di sisi lain, katanya, dalam PPKM Darurat ada warga terdampak baru yang menurutnya tidak bisa masuk dalam data formal. Sementara sampai saat ini, Ridwan Kamil baru berkeliling di Bandung Raya.

“Ini agak sulit, kita harus improvisasi di lapangan. Pemprov bersama Kota/Kabupaten menyisihkan anggaran untuk mereka yang tidak ter-cover pusat,” katanya dalam keterangan, Rabu (21/7).

Karena itu, pihaknya memilih langkah blusukan sekaligus untuk menyapa warga secara langsung. Menurutnya, dengan memberikan bantuan langsung, maka secara psikologis warga akan merespons kehadiran pemimpin di tengah situasi yang tengah sulit.

“Psikologis warga sedang marah, melemah, pasrah, dan butuh support pemimpin. Sehingga dengan kehadiran pemimpin secara langsung diharapkan menaikan moral dan semangat pada saat sulit,” ujar Gubernur Jabar.

Ridwan Kamil mengatakan upaya blusukan ini tetap membutuhkan kolaborasi dan kerjasama dengan banyak pihak agar warga yang mendapat bantuan lebih massif. Karena itu pihaknya mengajak elemen-elemen sosial untuk bersama-sama Pemprov Jabar mendata warga yang layak mendapatkan bantuan. 

“Kami ada logistik sembakonya, tapi kekurangan pasukan, menyisir mereka yang tidak terdata secara formal. Istilahnya berasnya dari saya, mereka tinggal membagikan,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan unruk mendapat dana untuk pembagian bantuan ini, pihaknya memaksimalkan CSR dan pertemanan, juga mengatur anggaran agar bisa optimal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved