Breaking News:

Ciamis Masih Alami Krisis Oksigen untuk Pasien Rumah Sakit, hanya Bisa Penuhi 40 Persen Kebutuhan

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya mengakui sampai saat ini Kabupaten Ciamis masih mengalami krisis stok oksigen untuk keperluan medis

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
TRIBUNJABAR.ID/DARAJAT ARIANTO
IUSTRASI tabung oksigen 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dan

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya mengakui sampai saat ini Kabupaten Ciamis masih mengalami krisis stok oksigen untuk keperluan medis di rumah sakit.

Dari kebutuhan rata-rata 100 tabung per hari yang bisa dipenuhi hanya 20-40 tabung.

“Ketersediaan oksigen saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Saya setiap malam monitor ketersediaan oksigen di Ciamis. dari kebutuhan 100 tabung, yang bisa terpenuhi hanya 20 sampai 40 tabung,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya pada pertemuan secara virtual di ruang vitcon Setda Ciamis Rabu (21/7/2021).

Sebagai upaya mengatasi kelangkaan stok oksigen ini menurut Bupati Herdiat di Ciamis sudah dibentuk Posko Pengendalian Ketersediaan dan Pendistribusian Oksigen di Ciamis.

Pemkab Ciamis juga mengupayakan ke berbagai daerah seperti ke Jakarta dan Bandung untuk mendapatkan tabung oksigen untuk kebutuhan medis tersebut.

Sementara itu ketersediaan ventilator di RSUD Ciamis jumlahnya semakin terbatas. Meski sudah ditambah, namun tetap berkurang karena jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD Ciamis semakin terus bertambah.

Baca juga: Pasokan Oksigen di RS Holistic Purwakarta Sempat Habis, Tiga Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Bupati Herdiat juga meminta Dinkes Ciamis untuk menambah kebutuhan ventilator di RSUD serta melengkapi seluruh mobil ambulans di tiap puskesmas maupun rumah sakit dengan ventilator.

Dengan adanya ventilator di tiap mobil ambulans tersebut bisa membantu masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan tertangani lebh cepat.

Baca juga: Satgas Oksigen Jabar Terus Bergerak Cepat Pasok Oksigen ke Rumah Sakit yang Kebutuhannya Mendesak

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved