Breaking News:

Paru-paru Satu Sapi di Ciamis Bernanah, Berpotensi Menular ke Manusia, Juga Ditemukan Cacing Hati

Masih ditemukan sapi kurban terjangkit penyakit cacing hati. Satu ekor sapi di Ciamis malah mengalami komplikasi cacing hati dan paru-paru bernanah

Penulis: Andri M Dani | Editor: Mega Nugraha
Dok Tim Kesmavet Disnakan Ciamis
Tim Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis yang dipimpin drh Asri Kurnia, pada hari H Iduladha, Selasa (20/7) mengeecek kondisi kesdehatan pasca penyembelihan (post mortem) terhadap 266 ekor sapi, 230 ekor domba dan 177 ekor kambing di sejumlah tempat penyembelihan kurban. Ditemukan 4 ekor sapi yang hatinya terjangkit penyakit cacing hati (Fasciola hepatica). Berikut satu ekor domb yangterjangkit penyakit yang sama, Bahkan satu ekor sapi diantaranya mengalami komplikasi penyakit cacing hati dan paru-paru bernanah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Dari 673 ekor hewan kurban yang dicek kondisi kesehatan pascasembelih atau post mortem pada hari Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7), ditemukan empat  sapi dan satu domba  terjangkit penyakit cacing hati atau Fasciola hepatica pada hatinya.

Hal itu diketahui setelah tim Kesmavet Disnakan Ciamis mengecek kondisi daging dan jeroan hewan kurban pasca penyembelihan di hari Idul Adha.

Baca juga: Alhamdulillah Ya Allah, Hari Idul Adha, Pasien Covid-19 Sembuh di Ciamis 212 Orang Kemarin 289 Orang

“Hari ini tim kami sudah memeriksa kesehatan post-mortem 673 ekor ternak kurban di berbagai lokasi  penyembelihan  ternak kurban di wilayah Ciamis Kota,” ujar Kasi Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, drh Asri Kurnia kepada  Tribun Selasa (20/7/2021).

Lokasi yang menjadi sasaran pemeriksaan daging kurban Selasa (20/7) kebanyakan di lingkungan DKM, perkantoran, pemukiman dan rumah potong hewan (RPH).

Total ada 266 ekor sapi, 230 ekor domba dan 177 ekor yang diperiksa kondisi kesehatan daginya pasca sembelih.

Ditemukan 4 ekor sapi dan 1 ekor domba yang hatinya mengandung penyakit cacing hati.

Baca juga: Simak Pidato Lengkap Presiden Jokowi soal PPKM Darurat Diperpanjang hingga 26 Juli 2021

 Tiga ekor sapi yang ada cacing hatinya ditemukan di lokasi penyembelihan  hewan kurban di daerah Sindangrasa serta 1 ekor sapi di RPH.

Setelah  diperiksa dan ditemukan adanya cacing hati, dia meminta panitia kurban segera mengamankan seluruh bagian hati sapi yang mengandung cacing hati tersebut untuk dimusnahkan.

“Sewaktu kami masih di lokasi, hati yang ada cacing hatinya tersebut sudah dimasukkan ke dalam keresek. Kami percaya petugas akan memusnahkannya. Jangan sampai dikosumsi atau dbagikan kepada masyarakat,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved