Breaking News:

Tendangan ke Dalam di Futsal Bakal Diterapkan FIFA, Aturan Diuji Coba pada Future of Football Cup

FIFA akal ujicoba peraturan baru pertadingan sepak bola. Yakni lemparan out bakal diganti tendangan ke dalam seperti di futsal.

Editor: Januar Pribadi Hamel
Dok. Google
Logo FIFA. 

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) bakal ujicoba peraturan baru pertadingan sepak bola. Yakni lemparan out bakal diganti tendangan ke dalam seperti dalam futsal.

Peraturan baru tersebut diujicobakan di pertandingan sepak bola tingkat junior U-19 dalam Future of Football Cup.

Future of Football Cup diikuti beberapa klub besar, di antaranya PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge.

FIFA seperti dilansir Goal bakal mempelajari penerapan serta mencari masukan dari masyarakat sepak bola mengenai adanya perubahan peraturan tersebut.

Meski saat ini masih diujicoba di level junior, di kemudian hari bisa saja diterapkan ke semua level, termasuk kompetisi profesional.

Hal yang bakal mengalami perubahan di pertandingan sepak bola yang dilakukan FIFA terdiri dari lima peraturan baru.

Pertama, ada tendangan ke dalam lapangan, menggantikan lemparan out. Hal ini seperti layaknya sebuah laga futsal. Bola tidak dilempar melainkan ditendang.

Lalu, ada penghentian waktu saat bola sedang ke luar lapangan. Kebijakan ini membuat pemain mungkin akan menghindari buang-buang waktu, dan meminimalisir drama yang kerap terjadi dalam sebuah laga reguler.

Setelah itu, aturan regulasi baru, jika pemain terkena kartu kuning maka mereka akan menerima hukuman dikeluarkan dari lapangan selama lima menit. Ketika masa lima menit selesai, maka pemain boleh kembali masuk ke lapangan.

Peraturan lainnya adalah pergantian pemain tanpa batas. Berkaca pada pandemi virus corona, yang membuat pemain mungkin lebih lelah dan tidak memiliki ketahanan yang bagus saat pertandingan, FIFA ingin menerapkan pergantian pemain tanpa batas, dalam sebuah pertandingan.

Normalnya, pergantian pemain hanya dilakukan tiga kali, namun regulasi baru ini membuat pelatih punya kebebasan untuk melakukan pergantian tanpa batasan. Hal ini biasanya dilakukan tim ketika laga uji coba pramusim.

Peraturan baru lainnya adalah pertandingan tidak lagi dimainkan selama 90 menit. Setiap babak dimainkan 30 menit saja.

VIDEO PILIHAN TRIBUNJABAR.ID

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved