Breaking News:

Ikuti Mozambik dan Amerika, Kepala BIN Cek Vaksinasi Door To Door di Kawasan Padat Penduduk di KBB

Kepala BIN, Jenderal Pol Purn Budi Gunawan, mendatangi rumah warga di kawasan permukiman padat penduduk di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah KBB

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol Purn Budi Gunawan (kedua dari kanan) meninjau vaksinasi door to door di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol Purn Budi Gunawan, mendatangi rumah warga di kawasan permukiman padat penduduk di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/7/2021).

Kegiatan tersebut untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada warga secara door to door sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo karena persentase vaksinasi di permukiman padat penduduk termasuk di Desa Mekarsari masih rendah.

Budi Gunawan mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi door to door tersebut, pihaknya menargetkan ada 2.000 warga yang bisa menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama tanpa perlu berkerumun di satu tempat.

"Vaksinasi door to door kepada masyarakat di lingkungan padat penduduk kami terus lakukan sesuai arahan Presiden (Jokowi). Kami tahu klaster rumah tangga meningkat sangat tajam apalagi di daerah zona hitam seperti Jawa Barat," ujarnya seusai meninjau vaksinasi door to door

Menurutnya, permukiman padat penduduk seperti di Desa Mekarsari masih minim terjangkau vaksinasi karena keterbatasan akses, apalagi pemerintah tengah memberlakukan PPKM Darurat sehingga masyarakat takut keluar rumah dan berkerumun. 

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol Purn Budi Gunawan (tengah) meninjau vaksinasi door to door di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/7/2021).
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol Purn Budi Gunawan (tengah) meninjau vaksinasi door to door di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/7/2021). (TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN)

Ia mengatakan, program vaksinasi door to door ini paling efektif bisa menjangkau sampai 69-70 persen masyarakat secara keseluruhan. 

"Kami adopsi ini dari beberapa negara seperti Mozambik sampai Amerika. Kami mencontoh itu dan akan terus berlanjut," kata Budi Gunawan.

Selain di Desa Mekarsari, pihaknya juga melakukan vaksinasi door to door di lima provinsi lainnya di antaranya Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Timur, Riau, dan Sulawesi Selatan.

"Kita tahu ini daerah (provinsi) spot hitam tapi angka vaksinasinya masih minim," ucap Budi Gunawan.

Setelah di KBB, pihaknya juga akan melakukan vaksinasi di sekolah-sekolah di Jawa Barat seperti di Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Bogor. Kemudian dilanjutkan ke Banten, Jawa Tengah Kalimantan Timur, dan Makassar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved