Breaking News:

Tak Percaya Hoax, Tak Takut Disuntik, Demi Herd Immunity, 500 Warga Caringin Suntik Vaksin Covid-19

500-an warga Kelurahan Caringin Kota Bandung menjalani vaksinasi COvid-19 untuk menuju herd immunity

Penulis: Daniel Andreand Damanik | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Daniel Andrean
dr Agatha M sedang melakukan skrining kepada seorang warga Kelurahan Caringin yang hendak divaksin, Jumat (16/7/2021). 

 Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ada 11.600 jiwa warga di Kelurahan Caringin, Kota Bandung berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2019. Dari jumlah tersebut, ada sekira 550 warga yang hari ini mendapat suntikan vaksin Covid-19, Jumat (16/7/2021).

Pemberian vaksin tersebut dilakukan di Kantor Lurah Caringin Kota Bandung sejak pukul 08.00 WIB. Pendaftaran  dilakukan secara online. Mereka meyakini dengan mendapat vaksin Covid-19, herd immunity atau kekebalatan kelompok bisa tercapai.

Dengan kekebalan kelompok tercapai, bisa mengurangi dampak buruk pandemi Covid-19. Mereka yang mendapat vaksin ini tidak percaya hoax soal vaksin Covid-19 dan tidak takut disuntik.

Baca juga: Syarat Pasien Covid-19 Bisa Akhiri Isoman dan Dinyatakan Sembuh

Kepala UPT Puskesmas Cibuntu, drg Kurnia Tejaningtias menjelaskan bahwa dari 500-an warga yang mendaftar, ada beberapa yang ditunda untuk pemberian vaksin. 

"Ada ditunda karena mengkonsumsi obat 24 jam sebelum divaksin,"katanya.

Selain itu, salah satu tenaga medis yang melakukan pendataan awal, dr Agatha M menunjukkan data bahwa dari catatannya, hingga pukul 12.00 WIB ada sekira 7 orang yang ditunda untuk divaksin.

dr Agtha M menjelaskan bahwa orang tersebut ditunda untuk mendapat vaksin karena tekanan darah, suhu tubuh 38,9 °C, dan batuk beberapa hari lalu.

"Selain itu, terpaksa ditunda karena mengkonsumsi obat 24 jam sebelum divaksin. Obat yang dikonsumsi misalkan mengurangi rasa nyeri dan obat demam," kata dr Agatha M.

Dr Agatha juga mengatakan bahwa warga yang diperiksanya dan mengikuti proses skrining kepadanya, ada yang sudah pernah terpapar Covid-19. Namun sudah tiga bulan dinyatakan negatif dan layak untuk vaksinasi Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved