Breaking News:

Infeksi Covid-19 Pada Ibu Hamil Berisiko Mengganggu Kesehatan Janin? Bayi Bisa Lahir Prematur

Ibu hamil menjadi salah satu populasi yang rentan terpapar Covid-19 karena itu penting menjaga protokol kesehatan

Editor: Siti Fatimah
shutterstock
ilustrasi Ibu hamil- ibu hamil menjadi salah satu populasi rentan terpapar Covid-19 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 harus menjadi perhatian semua orang tak terkecuali ibu hamil. Ibu hamil juga harus benar-benar memperhatikan kesehatannya serta disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dikutip dari laman resmi Unpad, ibu hamil menjadi salah satu populasi rentan terpapar Covid-19. Infeksi penyakit ini bukan hanya berpengaruh pada ibu, tetapi juga pada janin yang dikandungnya.

Untuk itu, protokol kesehatan sangat perlu diperhatikan ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janin.

Baca juga: Apa itu Vaksin Covid-19 Pfizer Platform mRNA untuk Anak Usia 12 Tahun? Sudah Dapat Ijin Dari BPOM

“Sebetulnya pencegahan pada ibu hamil ini sama saja dengan pencegahan pada dewasa lainya. Namun, untuk ibu hamil ini harus benar-benar memperhatikan karena yang terserang bukan hanya ibunya sendiri tapi juga ada janin yang dikandungnya,” kata dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Ida Maryati, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., PhD

Ida menyampaikan hal tesebut pada webinar “Self Management Ibu Hamil Mempersiapkan Persalinan di Masa Second Wave Pandemi Covid-19” yang digelar Fkep Unpad melalui Program Profesi Ners Angkatan XLI. Acara diselenggarakan secara virtual, Kamis (15/7).

Ida menjelaskan, selama kehamilan ada berbagai perubahan yang terjadi pada ibu hamil, termasuk hormonal sehingga menempatkan ibu hamil menjadi kondisi yang rentan.

Semakin dini ibu hamil terkena infeksi, semakin besar pula terjadinya risiko keguguran.

Selain keguguran, hal lain yang bisa dialami ibu hamil yang terinfeksi virus Corona adalah terjadinya gawat janin, persalinan prematur, ketuban dini, hingga gangguan pertumbuhan janin.

Untuk mencegahnya, ibu hamil diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti sering mencuci tangan, memakai masker dengan benar, serta menjaga jarak dan berupaya untuk tetap di rumah kecuali untuk hal mendesak.

Ibu hamil juga diharapkan rajin berolahraga sesuai kondisi, istirahat cukup, menerapkan etika batuk dan bersin dengan benar, makan dengan gizi seimbang, serta melakukan vaksinasi.

Baca juga: Beredar Ajakan Stop Upload Berita Covid-19, Bermanfaatkah, Simak Penjelasan Epidemiolog

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved