Breaking News:

Mitos atau Fakta Soal Air Kelapa Dapat Membantu Menangkal Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Spesialis

Banyak orang percaya bahwa minum air kelapa dianggap mampu mencegah dampak buruk akibat infeksi Covid-19 dan mampu membantu pemulihan.

Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/PADNA
Kelapa muda di Pangandaran. 

TRIBUNJABAR.ID - Kasus positif Covid-19 di Indonesia yang meningkat drastis bulan terakhir ini membuat masyarakat mulai mencari cara lain untuk melindungi diri dari keganasan virus ini.

Akibatnya, berbagai mitos mengenai cara menangkal virus corona pun bermunculan, salah satunya mitos mengenai air kelapa.

Banyak orang percaya bahwa minum air kelapa dianggap mampu mencegah dampak buruk akibat infeksi Covid-19 dan mampu membantu pemulihan. Alhasil, buah kelapa pun menjadi barang langka.

Hingga minggu pertama Juli 2021, penjualan buah kelapa dilaporkan meningkat dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan harganya pun ikut terdongkrak.

Sejumlah media bahkan menyebutkan bahwa perburuan air kelapa ini sudah memasuki fase panic buying.

Tren ini berdampak juga pada minuman air kelapa dalam kemasan yang mulai dicari masyarakat, karena memiliki kandungan kesehatan yang setara dengan air kelapa asli.

Benarkah air kelapa ampuh tangkap virus corona? Dalam sebuah siaran pers, satgas Covid-19 sebenarnya telah beberapa kali menyampaikan bantahan terkait resep atau ramuan terkait air kelapa.

Satgas menyatakan bahwa air kelapa belum terbukti bisa membasmi Covid-19.

Berbagai fakta dan penjelasan ilmiah mengenai manfaat kesehatan sebenarnya juga telah diulas cukup luas di berbagai media sepanjang minggu lalu.

Namun, tampaknya tidak meredakan perburuan air kelapa di masyarakat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved