Breaking News:

Cara Aman di Transportasi Umum saat Lonjakan Kasus Covid-19 Sedang Tinggi

Kondisi darurat membuat kita harus keluar rumah bahkan menggunakan transportasi umum jika tidak punya kendaraan. Ini yang bisa dilakukan

Editor: Mega Nugraha
tribunjabar/ahmad imam baehaqi
Sejumlah penumpang saat akan menaiki kereta api di Stasiun Cirebon, Jl Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (11/1/2020). 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Pandemi Covid-19 di Indonesia sedang menggila. Covid-19 varian delta disebut-sebut menjadi penyebab lonjakan kasus karena bisa menular lebih cepat.

Kemarin saja, Kamis (15/7/2021), kasus positif Covid-19 di Indonesia mencatat rekor tertinggi 56.757 kasus. Jumlah ini mencatat rekor sebagai angka tertinggi sejak pandemi melanda Indonesia pada maret 2020 lalu.

Diketahui, sejak Senin (12/7/2021) kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Pada Senin, kasus Covid-19 di Indonesia yang terkonfirmasi mencapai 40.427. Kemudian di hari Selasa (13/7/2021), jumlah tersebut meningkat hingga angka 47.899 kasus.

Baca juga: Gubernur: Salat Idul Adha dan Takbiran di Rumah, Wagub: Lebih Utama Menolak Kemudaratan

Lalu, pada Rabu (14/7/2021), kasus positif Covid-19 tembus hingga 54.517. Dengan kondisi itu, pemerintah memberlakukan PPKM Darurat. Sejumlah aktifitas masyarakat di kehidupan sehari-hari dibatasi.

Dengan pemberlakuan PPKM Darurat, kita dituntut untuk mengurangi aktifitas di luar rumah bahkan, sebaiknya kita tetap di ruma huntuk menghindari penularan virus corona

Namun, kondisi penting dan darurat bisa saja membuat kita harus keluar rumah bahkan menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api jika tidak punya kendaraan pribadi.

Dokter penyakit dalam dan ahli penyakit menular dari Universitas Marylan, Amerika Serikat, Faheem Younus, membagikan tips tetap aman saat berada di transportasi umum lewat akun Twitter nya yang centak biru, @FaheemYounus.

"Tetap aman di bus/kereta yang ramai. Jika memungkinkan:
- Tetap dekat dengan jendela terbuka
- Pakai N95/KN95
- Tanpa jabat tangan - pertahankan durasi < 15 menit
- Gunakan pembersih tangan saku.
Kenali bahwa anda beresiko; dites jika gejalanya berkembang," kata Faheem Younus.

Dikutip dari Kompas.com, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan sejumlah tips bagaiaman masyarakat bisa mencegah penularan Covid-19 saat naik transportasi umum.

Pertama, saat naik kendaraan umum pastikan mengenakan masker dan membersihkan tangan pakai hand sanitizer berbasis alkhohol saat di dalam moda transportasi atau ketika sudah turun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved