Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Antisipasi Lahan Pemakaman Penuh, Pemkot Cimahi Siapkan Tiga Alternatif Lahan Pemakaman Covid-19

Untuk mengantisipasi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi telah menyiapkan tiga titik pemakaman baru untuk jenazah Covid-19.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa/ dokumentasi Pemkot Cimahi
Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi telah menyiapkan tiga titik pemakaman baru untuk jenazah Covid-19 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Melonjaknya jumlah kematian warga yang terpapar Covid-19 membuat lahan pemakaman di Kota Cimahi menjadi penuh.

Untuk mengantisipasi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi telah menyiapkan tiga titik lahan pemakaman baru untuk jenazah Covid-19.

Lahan pemakaman baru yang disiapkan ini berada di wilayah Kihapit, Kelurahan Leuwigajah, di Pancanaka Hills, Kelurahan Cibeber, serta satu lagi juga di Kelurahan Cibeber. Ketiga titik ini semuanya berada di Kecamatan Cimahi Selatan

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, M Nur Kuswandana, mengatakan bahwa di Kihapit, lahan yang disediakan adalah seluas 5.500 meter persegi yang tersedia.

"Namun untuk sementara ini disiapkan untuk sekitar 100 lubang terlebih dulu," ujar Nur di Pemkot Cimahi, Kamis (15/07/2021).

Kemudian lahan kedua, Pancanaka Hills, merupakan hibah dari perumahan tersebut seluas 1.000 meter persegi. Lahan tersebut saat ini tengah dalam pengurusan dokumen administrasi oleh kelurahan setempat.

"Masih di proses di kelurahan karena DPKP masih belum menerima dokumennya," ujar Nur.

Sementara di lahan ketiga, masih di kelurahan Cibeber, DPKP Kota Cimahi juga sudah menyiapkan lahan seluas 280 meter persegi.

Baca juga: Sempat Kesulitan Cari Kantong Jenazah, Kini Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Lembang Dapat Bantuan

Lahan tersebut disiapkan sebagai alternatif jika lahan di Kihapit dan Pancanaka Hills sudah terisi penuh.

"Kami akan menggunakan lahan ini jika kondisi terpaksa sebagai alternatif," ujar Nur.

Nur menyebutkan bahwa hingga kini ada sekitar 4.000 jenazah yang dimakamkan secara protokol kesehatan Covid-19 di berbagai lahan pemakaman yang sudah terisi penuh sebelumnya.

Lahan ini tersebar mulai dari Leuwigajah, TPU Muslim Cipageran, hingga TPU Lebaksaat. Menurut Nur, jumlah tersebut sangat luar biasa sebab setiap harinya selalu saja ada jenazah yang dikebumikan menggunakan protokol akhir-akhir ini.

Dalam kesempatan tersebut, Nur juga mengimbau kepada masyarakat atau pihak rumah sakit agar membawa personel khusus untuk mengangkat jenazah Covid-19 dari ambulans menuju lahan pemakaman.

"Hal ini karena kami tidak memiliki personel untuk melakukan hal tersebut. Kami hanya sediakan penggali kubur saja sebanyak 3 orang," katanya.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Majalengka, Kembali Catat Rekor, Penambahan Kasus Tembus 325 Kasus dalam Sehari

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved