Breaking News:

Covid 19 di Garut

Warga Paminggir Garut Sumbangkan Lahan untuk Pemakaman Covid, Warga Setempat Banyak yang Jadi Korban

Luas lahan yang disumbangkan warga Paminggir seluas 5.000 meter persegi.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: taufik ismail
Istimewa/Dok Kelurahan Paminggir
Lahan yang disumbangkan warga Paminggir Garut, untuk pemakaman korban Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Warga Kelurahan Paminggir menyumbangkan lahan khusus untuk pemakaman warga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Lahan tersebut seluas lima ribu meter persegi yang terletak berdekatan dengan lahan pemakaman milik Pemda.

Lokasinya di Kampung Pinggir Sari, RT 3/3, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Lurah Paminggir Asep Ridwan mengatakan sebelumnya ada 15 orang warganya yang meninggal dunia akibat Covid-19 dan kesulitan mencari pemakaman.

"Awalnya warga Paminggir yang meninggal dunia akibat Covid-19 sempat mencari-cari makam karena awalnya tidak ada lahan, dari yang lima belas itu hanya empat yang dimakamkan di Paminggir," ujarnya.

Dari kesulitan tersebut pihaknya kemudian membentuk tim relawan pemulasaraan dan pemakaman khusus Covid-19 dan menyiapkan lahan khusus untuk pemakaman Covid-19.

"Hasil musyarah dengan semua pihak akhirnya kami sediakan lahan, bercampur dengan milik Pemda dengan luas seluruhnya dua hektare seperempatnya dari warga, jadi warga sumbang lima ribu meter persegi khusus untuk Covid-19," ucap Asep.

Asep menambahkan untuk sementara waktu pemakaman tersebut hanya untuk warga Kelurahan Paminggir yang meninggal dunia karena di wilayahnya angka kematian akibat Covid-19 cukup tinggi.

"Ya, sementara kami khususkan dulu untuk warga Kelurahan Paminggir," ucapnya

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengapresiasi langkah warga Kelurahan Paminggir menyetujui wilayah di dekat permukiman dijadikan pemakaman.

"Yang kami apresiasi adalah wujud kepedulian dari masyarakat yang memberikan persetujuan untuk wilayah di dekatnya dijadikan kegiatan pemakaman untuk Covid-19," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kota Sukabumi Katakan Butuh Keberanian Wali Kota dalam Tangani Kasus Covid-19

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved