Breaking News:

Ridwan Kamil Keluarkan Keputusan tentang Penjualan dan Penyembelihan Hewan Korban, Ini Poin-poinnya

Ridwan Kamil meminta masyarakat mengoptimalkan hari Tasyriq, yakni tiga hari setelah Iduladha, untuk pembelian dan penyembelihan hewan kurban.

Foto: Deni/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) tentang Protokol Pemeriksaan, Penjualan, dan Penyembelihan Hewan Kurban, serta Distribusi Daging Kurban pada Masa Covud-19 Tahun 1442 Hijriah/2021. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat mengoptimalkan hari Tasyriq, yakni selama tiga hari setelah Iduladha, untuk pembelian dan penyembelihan hewan kurban pada pelaksanaan Iduladha 1442 H.

Ia menekankan pembelian hewan kurban pun dapat memanfaatkan teknologi dengan bertransaksi online.

Untuk menguatkan hal itu, Gubernur mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) tentang Protokol Pemeriksaan, Penjualan, dan Penyembelihan Hewan Kurban, serta Distribusi Daging Kurban pada Masa Covud-19 Tahun 1442 Hijriah/2021.

Menurut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, Kepgub disusun supaya pelaksanaan kurban di tengah pandemi Covid-19 berjalan aman dan optimal.

Baca juga: Ini Dia Si Bima, Sapi Kurban Berbobot Satu Ton dari Majalengka, Dibeli oleh Yayasan dari Bekasi

Apalagi, saat ini, kasus Covid-19 masih terus bertambah.

Salah satu poin dalam Kepgub tersebut mengatur penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah 1442 Hijriah.

Tujuannya untuk menghindari kerumunan di lokasi penyembelihan hewan kurban.

"Tentunya hewan yang memenuhi syariat Islam untuk keperluan ibadah kurban, meliputi hewan sapi, kerbau, domba, atau kambing harus memenuhi kriteria sehat, tidak cacat, jantan dan sudah cukup umur. Domba lebih dari satu tahun, sapi di atas umur dua tahun," kata Kang Emil melalui siaran digital, Minggu (11/7/2021).

Daging kurban juga harus memenuhi kriteria ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal).

FB
Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved