Breaking News:

Daun Sirih

Daun Sirih Obat Sejuta Penyakit: Kurangi Risiko Kanker, Hilangkan Bau Badan, hingga Bersihkan Miss V

Sirih merupakan satu di antara tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi manusia dalam mengatasi segala penyakit dan menjaga kesehatan. 

Penulis: Shania Septiana | Editor: Giri
Daun Sirih Obat Sejuta Penyakit: Kurangi Risiko Kanker, Hilangkan Bau Badan, hingga Bersihkan Miss V 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Shania Septiana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sirih merupakan satu di antara tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi manusia dalam mengatasi segala penyakit dan menjaga kesehatan

Bagian daunnya yang biasan dimanfaatkan sebagai obat-obatan.

Daun sirih memiliki kandungan vitamin C, niasin, karoten, riboflavin tannin, eugenol, saponim, dan berbagai jenis minyak esensial.

Secara umum, daun sirih mempunyai senyawa atsiri yang berisikan senyawa kimia seperti fenol serta senyawa turunannya antara lain kavikol, kavibetol, euganol, dan allipyrocatechol.

Tidak sampai di situ, daun sirih memiliki senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan bersifat sitotoksisitas terhadap sel kanker manusia, yang jika air rebusan daun sirih dikonsumsi secara rutin bisa mengurangi risiko kanker

"Daun sirih memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Kemudian daun sirih juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, untuk obat diabetes, asam urat, dan berbagai penyakit lainnya jika di konsumsi," ucap Dokter Sastika Nurwinda saat dihubungi, Jumat (9/7/2021).

Daun sirih juga bermanfaat menghilangkan bau badan.

Daun sirih merambat di tembok. Daun sirih memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.
Daun sirih merambat di tembok. Daun sirih memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. (Tribunjabar.id/Kisdiantoro)

"Karena memiliki kandungan estradiol dan klavikula yang dapat mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Kandungan tersebut itu yang bisa mengurangi bau badan berlebih. Cukup dipakai mandi air rebusan daun sirih secara teratur," ucapnya.

Memiliki kandungan ekspektoran, daun sirih juga bisa menjadi obat batuk bagi para penderita batuk berdahak dan juga memiliki sifat menghilangkan sesak napas serta bisa mengobati asma ringan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved