Breaking News:

Tingkatkan Literasi Digital, Kominfo Buka Kembali Kelas Cakap Digital, Digelar Juga di Bandung

KOMINFO dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali membuka pendaftaran Kelas Cakap Digital.

Editor: Siti Fatimah
dok. kominfo
KOMINFO dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali membuka pendaftaran Kelas Cakap Digital. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perkembangan teknologi menyebabkan terbentuknya era digital yang membawa beberapa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah melekat dan membantu seluruh aktivitas manusia.

Dalam Sambutan Menkominfo saat Peluncuran Program Literasi Digital Nasional belum lama ini menyatakan angka pengguna internet di Indonesia telah mencapai 196,7 juta jiwa.

Presiden RI, Joko Widodo, juga menyatakan  adalah kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten-konten negatif, banjiri & isi terus dengan konten-konten positif.

Baca juga: Hadapi Infodemi Covid-19, Kominfo Gencarkan Literasi Digital

Maka dari itu dibutuhkan kemampuan literasi digital yang baik yang menjadi tugas bersama dengan dukungan semua masyarakat agar kita semua bisa mengoptimalkan kebermanfaatan internet untuk menciptakan lebih banyak konten positif dan kreatif bahkan membuat UMKM naik kelas.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni KOMINFO dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali membuka pendaftaran Kelas Cakap Digital.

Periode pendaftaran mulai dari 17 Juni hingga 8 Juli 2021.

Berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, Kelas Cakap Digital Siberkreasi kali ini bekerjasama dengan KUMPUL untuk melaksanakan di lima kota.

Selain itu, Kelas Cakap Digital ini juga bekerjasama dengan mitra KUMPUL yakni Kembali Innovation Hub untuk penyelenggaraan di Bali pada 27 -31 Juli, Satu Atap Coworkshare untuk penyelenggaraan di Surabaya pada 3-7 Agustus, Kolektif Co. Space untuk penyelenggaraan di Yogyakarta pada 3-7 Agustus, The Greater Hub untuk penyelenggaraan di Bandung 10-15
Agustus, dan Impala Network untuk penyelenggaraan Semarang pada 16-21 Agustus 2021.

Baca juga: DJP Manfaatkan Kemajuan Teknologi Digital Untuk Optimalisasi Layanan Dan Pengawasan Perpajakan

Dedy Permadi selaku Juru Bicara KOMINFO juga menambahkan bahwa kemampuan literasi digital dapat ditumbuhkan dan dikembangkan melalui kelas-kelas Literasi Digital yang diselenggarakan di 514 kabupaten / kota maupun bersama mitra-mitra jejaring Siberkreasi.

Literasi dan kecakapan digital yang dikembangkan terkait kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Dengan begitu, harapannya Indonesia dapat segera mempercepat transformasi digital nasional khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved