Breaking News:

Gempa Bumi Terkini di Sulawesi Utara, BMKG Minta Waspada Gempa Bumi Susulan

Peristiwa gempa bumi hari ini, Jumat (9/7/2021) kembali terjadi di Indonesia, setelah tadi pagi, gempa bumi terjadi Kabupaten Maluku Tengah

Editor: Mega Nugraha
Pixabay.com
Ilustrasi gempa bumi. 

TRIBUNJABAR.ID- Peristiwa gempa bumi hari ini, Jumat (9/7/2021) kembali terjadi di Indonesia, setelah tadi pagi, gempa bumi terjadi di Desa Tehoru Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah.

Kali ini, gempa bumi terjadi di 52 km barat daya Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara sekira pukul 20.31.

Baca juga: Maluku Tengah dan Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi, Ini yang Harus Dilakukan Saat Gempa

Hal itu diumumkan BMKG di situs resminya, bmkg.go.id. Menurut BMKG, gempa bumi itu berkekuatan magnitudo 5,9 pada kedalaman 106 km di Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara

BMKG juga melaporkan bahwa gempa bumi terkini hari ini itu, tidak berpotensi tsunami. Namun, BMKG meminta warga untuk waspada terhadap bencana gempa susulan.

Adapun getaran gempa menurut skala MMI, dirasakan di sejumlah tempat. Getaran gempa dengan skala MMI III - IV dirasakan di Gorontalo, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Pohuwato, Bone Bolango

Getaran gempa dengan skala MMI III dirasakan di Luwuk dan Taliabu. Adapun skala MMI II dirasakan di Manado, Tibawa, Taliabu, Minahasa dan Minahasa Selatan.

Dikutip dari laman BMKG, ini tips selamat dari gempa.

Sebelum Terjadi Gempa Bumi

1. Kunci utama adalah mengenali apa yang disebut gempa bumi.

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi (longsor, liquefaction dll)

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved