Breaking News:

UPDATE, Penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu Ribu Bakal Dapat Tambahan Beras 10 kg

Warga penerima bansos tunai akan mendapat Rp 600 ribu atau dirapel jatah Mei dan Juni 2021 yang dibayarkan pada Juli Ini.

Editor: Mega Nugraha
(KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bertemu perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur di halaman Balai Kota Surabaya, Senin (11/5/2020). 

TRIBUNJABAR.ID,JAKARTA- Kabar terbaru bantuan pemerintah untuk warga terdampak kebijakan PPKM Darurat yang berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Warga penerima bansos tunai akan mendapat Rp 600 ribu atau dirapel jatah Mei dan Juni 2021 yang dibayarkan pada Juli Ini.

Selain bantuan sosial tunai (BST) dan program keluarga harapan (PKH) Rp 600 ribu, penerima juga akan mendapat bantuan pemerintah lainnya berupa beras 10 kg.

“BST dan PKH disalurkan masing-masing bagi 10 juta penerima, plus (tambah) menerima beras sebanyak 10 kg,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dikutip dari laman Kemensos, Rabu (7/7/2021).

Beras 10 kg akan disalurkan Perum Bulog yang punya jaringan di seluruh Indonesia.

“Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca juga: Bansos PPKM Darurat di Kota Bandung Rp 500 Ribu Segera Cair, Saat Ini Sedang Didata di Kelurahan

Para penerima bantuan ini merupakan mereka yang terdaftar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Saat ini, DTKS siap digunakan dalam penyaluran bansos.

“Prioritas penyaluran BST di daerah yang menerapkan PPKM Darurat dan tempat lainnya dengan memanfaatkan teknologi, jadi tinggal klik saja,” ucap Mensos.

Adapun penerima bansos tunai Rp 600 ribu sedang dalam tahap penyalura noleh Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Penyaluran sudah dimulai sejak pekan lalu secara bertahap usai dilakukan pembaruan DTKS, ” kata Risma.

Mensos menyampaikan bansos segera dicairkan pada minggu ini, sesuai instruksi Presiden Jokowi seiring diterapkannya PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

"Jadi, sesuai instruksi Presiden agar mengakselerasi pencairan bansos di minggu ini, sehingga bisa segera membantu masyarakat," ungkap Risma.

Anggaran untuk 10 juta penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu senilai Rp 6,1 triliun. Bansos PKH menyasar 10 juta penerima senilai Rp 13,96 triliun.

Kemudian, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi 18,8 juta penerima senilai Rp 45,12 triliun.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Risma Sampaikan Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu dan PKH Dapat Tambahan Beras 10 Kg,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved