Breaking News:

Simak Tahapan dan Syarat Penerima Bansos dari Pemkot Bandung di Masa PPKM Darurat

Sebanyak 60 ribu keluarga penerima manfaat bakal mendapatkan bantuan dari Pemkot Bandung melalui Dinas Sosial menyusul berlakunya PPKM darurat

Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 60 ribu keluarga penerima manfaat bakal mendapatkan bantuan sosial dari Pemkot Bandung melalui Dinas Sosial Kota Bandungmenyusul diterapkannya kebijakan PPKM Darurat per 3 Juli sampai 20 Juli 2021. Bantuan sosial ini hanya disalurkan satu kali.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono, menjelaskan, ada beberapa tahapan teknis bagi mereka yang mendapatkan bantuan tersebut.

Baca juga: Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair, Disalurkan via Rekening dan Kantor Pos Secara Bertahap

Seperti pihak kelurahan mengusulkan penerima bansos Covid-19 dari kategori non data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) warga miskin atau tak mampu.

"Kriteria yang diusulkan kelurahan harus mereka yang pekerja informal, berpenghasilan harian, lansia di atas 60 tahun, penyandang disabilitas, warga yang belum dapatkan bantuan PKH, BPNT, dan BST. Kelurahan itu usulkan sesuai dengan kuota yang ditentukan," kata Tono Rusdiantono saat dihubungi, Rabu (7/7/2021).

Adapun kuota penerima bansos di setiap kelurahan bisa dilihat di menu kuota per kelurahan. Selanjutnya, katanya, data yang telah diusulkan langsung diverifikasi dan validasi sebagai dasar kelayakan.

Selain itu, dalam pengusulan ini tak ada penggunaan formulir DTKS, sebab kelurahan hanya mengisi usulan format yang ditentukan.

Baca juga: Simak Daftar 6 Bantuan Pemerintah Untuk Warga Terdampak Selama PPKM Darurat

"Yang diusulkan itu kepala keluarganya kecuali jika lansia ya lansia itu sendiri. Usulan dimusyawarahkan di kelurahan dan nanti terakhir Dinas Sosial yang akan memeriksa usulan itu," katanya.

Deadline pengusulan penerima non DTKS paling lambat Sabtu 10 Juli 2021 pukul 00.00 WIB. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved