Breaking News:

Gempa Bumi Terkini 7 Juli 2021 Magnitudo 5.2 di Waibakul, Getaran Gempa Bumi Terasa di Labuan Bajo

Peristiwa gempa bumi hari ini terjadi di wilayah timur Indonesia yang dirasakan di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur

Editor: Mega Nugraha
Capture Aplikasi BMKG

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Peristiwa gempa bumi hari ini terjadi di wilayah timur Indonesia yang dirasakan di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Rabu (7/7/2021).

Hal itu diketahui dari BMKG yang mengabarkan gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo 5.2 pada kedalaman 49 km pukul 07.38.06.

Baca juga: Yogyakarta Diguncang Gempa Bumi Semalam dan Pagi Tadi, Apa yang Harus Dilakukan saat Gempa?

Pusat gempa berada di darat 20 km timur laut Waibakul. Adapun getaran gempa bumi dengan skala MMI II dirasakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, skala MMI III diraskan di Bima Nusa Tenggara Barat, skala MMI III dirasakan di Waingapu, Waikabubak dan Tambolaka.

Indonesia sendiri rawan gempa bumi karena terletak di atas tiga lempeng yakni lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo-Australia.

Dikutip dari Kompas.com, ada beberapa wilayah di Indonesia yang paling rawan terjadi gempa bumi. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ancaman gempa bumi tersebar di hampir seluruh wilayah kepulauan Indonesia, baik kecil maupun besar.

Kendati demikian, masih ada guncangan yang berasal dari gempa yang bersumber di Laut Jawa dan Selat Makassar. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia sebaiknya mempersiapkan diri bila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi.

Dikutip dari laman BMKG, ini tips selamat dari gempa.

Sebelum Terjadi Gempa Bumi

1. Kunci utama adalah mengenali apa yang disebut gempa bumi.

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi (longsor, liquefaction dll)

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved