Breaking News:

Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair, Disalurkan via Rekening dan Kantor Pos Secara Bertahap

Program Bansos Tunai dari pemerintah untuk warga terdampak PPKM Darurat yang berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli sudah mulai disalurkan.

Editor: Mega Nugraha
TRIBUN JABAR / HANDHIKA RAHMAN
KESIAPAN KRI SOEHARSO-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau kesiapan KRI Soeharso akan mengangkut 68 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang. 

TRIBUNJABAR.ID,JAKARTA- Program Bansos Tunai dari pemerintah untuk warga terdampak PPKM Darurat yang berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli sudah mulai disalurkan.

Bansos Tunai Rp 300 ribu ini diberikan untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), termasuk keluarga miskin baru.

"Sekarang ini secara bertahap sudah tersalurkan. Artinya sudah dikirim ke rekening- rekening untuk yang lewat Bank Himbara," kata Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dikutip dari laman Kemenkoppmk pada Selasa (6/7/2021).

Ia menambahkan, Bansos Tunai Rp 300 ribu selain disalurkan via Himpunan Bank Negara (Himbara), juga disalurkan via PT Pos Indonesia.

Baca juga: Simak Daftar 6 Bantuan Pemerintah Untuk Warga Terdampak Selama PPKM Darurat

"Sedangkan, yang untuk PT Pos juga sudah mulai ada pengantaran uang langsung kepada keluarga penerima manfaat," ujar Muhadjir Effendy.

Menurutnya, penyaluran Bansos Tunai Rp 300 ribu akan tepat sasaran karena terintegrasi dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah terverifikasi sejak penyaluran Bansos Tunai pada 2020.

"Insya Allah data yang sekarang ini jauh lebih rapi, lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada data tahun lalu," kata dia.

Ia berharap keluarga penerima Bansos Tunai RP 300 ribu dapat memanfaatkan bantuan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sesuai prioritas.

"Pertama yaitu dana yang dikirim melalui Bank Himbara tidak boleh hanya dikirim. Harus dipastikan terdeliver. Artinya si penerima itu sudah tahu di rekeningnya ada uang dan dia segera mengambil, dia belanjakan secara benar, secara betul sesuai dengan misi dari bantuan sosial oleh pemerintah," jelas Muhadjir Effendy.

Disalurkan Pekan Kedua Juli

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan, Kementerian Sosial menyalurkan Bansos Tunai Rp 300 ribu bulan Mei dan Juni 2021, akan disalurkan paling lambat pekan kedua Juli 2021.

Baca juga: PPKM Darurat Resmi Diterapkan, Pemerintah Akan Perpanjang Bansos? Ini Kata Luhut Binsar Pandjaitan

"BST akan disalurkan untuk bulan Mei dan Juni, setelah sebelumnya berhenti di April. Kami berharap pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos ini dapat tersalur, " ujarnya di Jakarta, Kamis (1/7/2021), dikutip dari laman Kemensos.

Bansos Tunai Rp 300 ribu bulan Mei dan Juni akan diberikan Rp 600 ribu sekaligus. Namun, Risma mengimbau agar bantuan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Adapun teknis pencairan Bansos Tunai Rp 300 ribu dilakukan seperti biasa yakni melalui kantor pos.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bansos Tunai Rp 300 Ribu Sudah Cair, Penyaluran Dilakukan Bertahap Lewat Rekening dan Kantor Pos,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved