Breaking News:

Harga Tabung Gas Oksigen Terus Meroket di Cianjur, Ternyata Profesi Ini Juga Berpotensi Merugi

harga gas per tabung Rp 250 ribu maka hal tersebut mengakibatkan modal penjualan ikan tidak akan sebanding dengan keuntungan yang didapat.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Perahu nelayan di Dermaga Coklat genangan Cirata di Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Bandar Ikan di Dermaga Coklat Cirata, Desa Cikidangbayabang memilih menunda penjualan ikan karena harga tabung gas meroket tiga hari dari Rp 120 ribu menjadi Rp 250 ribu hari ini, Selasa (6/7/2021).

Seorang bandar ikan asal Dermaga Coklat Yana Suryana (39) atau yang akrab disapa H Bongkeng, mengatakan, ia baru saja menerima telepon dari agen gas bahwa harga gas per tabung hari ini Rp 250 ribu.

"Barusan saya dapat kabar per hari ini harga tabung gas oksigen Rp 250 ribu, kemarin masih Rp 150 ribu," ujar H Bongkeng.

Melihat kondisi seperti itu, H Bongkeng memilih menahan diri untuk menjual ikan dan menunggu kondisi stabil terlebih dahulu.

"Saya menunggu sambil mencari harga tabung gas yang masih Rp 120 ribu," kata H Bongkeng.

Ia mengatakan, harga gas per tabung Rp 250 ribu maka hal tersebut mengakibatkan modal penjualan ikan tidak akan sebanding dengan keuntungan yang didapat.

"Satu tabung gas itu untuk 2,5 ton ikan, jika harga gas Rp 250 ribu ini tentu tak sebanding dengan modal pada nantinya," kata Bongkeng.

Ia berharap kondisi seperti sekarang segera pulih karena perputaran ekonomi di Jangari lambat laun jalan di tempat sehingga memberikan efek domino untuk yang lainnya.

"Ikan yang tak terjual tetap harus diberi makan, kebutuhan akan pakan naik tak heran hari ini harga pakan akan terus naik," katanya.

Ia mengatakan, petani tak bisa menahan ikan terlalu lama di kolam. Jika kekurangan pakan dan terlalu lama di kolam maka ikan akan bertelur lalu setelah itu mati.

Ke depan ia berharap ada isi ulang tabung gas oksigen di kawasan Demaga Coklat agar harga tinggi tak terjadi lagi. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved