Breaking News:

PPKM Darurat

INGAT, Kartu Vaksinasi Harus Dibawa Selama PPKM Darurat Jika Bepergian di Wilayah Jawa-Bali

Warga yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 wajib menunjukan kartu vaksinasi sebagai syarat perjalanan domestik selama PPKM Darurat.

Editor: Mega Nugraha
Foto: Dok Humas Polres Sukabumi
PPKM Darurat - Mengawali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, petugas gabunhan TNI Polri dan unsur Pemerintah lakukan penyemprotan disinfektan di jalan protokol Ibukota Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (3/7/2021). 

TRIBUNJABAR.ID,JAKARTA- Warga yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 wajib menunjukan kartu vaksinasi sebagai syarat perjalanan domestik selama PPKM Darurat yang berlaku di Jawa dan Bali.

Hal itu diatur di Inmendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Hari Pertama PPKM Darurat di Purwakarta, Masih Ada Saja Masyarakat Langgar Protokol Kesehatan

Dalam Inmendagri tersebut, aturan mengenai PPKM Darurat di Jawa-Bali dibahas lebih spesifik. Termasuk soal perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Pada diktum ketiga poin l aturan tersebut, tertulis bahwa pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh seperti pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api harus:

1. Menunjukkan kartu vaksinasi (minimal vaksinasi dosis pertama);

2. Menunjukkan PCR (H-2) untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api, dan kapal laut;

3. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2, hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi, sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek;

4. Untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya, dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Penjelasan aturan PPKM Darurat disampaikan oleh Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis (1/7/2021).

Berikut 14 poin pembatasan kegiatan dalam PPKM Darurat :

Baca juga: Warga Kota Bandung Harus Tahu 15 Poin di Perwal PPKM Darurat, Ada Sanksinya Jika Melanggar

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved