Breaking News:

Pelaksanaan Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19, Para Juleha Perlu Pelatihan Penyembelihan Qurban

Pelatihan penyembelihan halal hewan Qurban di masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan oleh para Juleha atau Juru Penyembelih Halal

Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
ilustrasi pemotongan hewan qurban- Pelatihan penyembelihan halal hewan Qurban di masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan oleh para Juleha atau Juru Penyembelih Halal 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hari Raya Idul Adha tidak lama lagi akan diperingati oleh umat Islam. Meski di tengah pandemi Covid-19, namun ibadah di hari raya Idul Adha tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan seperti penyembelihan hewan qurban.

Penyembelihan hewan qurban di masa pendemi covid-19 seperti saat ini perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak, terutama bagi para Juleha atau Juru Penyembelih Halal.

Untuk itu, Masjid Salman ITB dan P3RI, Wakaf Salman, Rumah Amal Salman, DKPP Jabar, Daya Desa, serta Desa Punya menyelenggarakan acara Pelatihan Penyembelihan Halal Hewan Qurban di Masa Pandemi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Cara Pengemasan Hewan Qurban Ini Bisa Jadi Pilihan, Praktis dan Tahan Lama

Acara yang dilakukan secara virtual dan terbuka bagi seluruh DKM di Indonesia, bertujuan untuk memberikan edukasi terkait penyembelihan hewan qurban yang tepat di masa pandemi.

Meski virus Covid-19 masih menghantui, tidak sedikitpun niat dan semangat ibadah masyarakat terbebani.

Walaupun ada beberapa akses ke tempat ibadah yang sekarang terbatas, ibadah masih bisa dimaksimalkan.

Salah satunya yakni ibadah dengan berqurban.

Ibadah yang menjadi bentuk pengorbanan dan ketaqwaan seorang muslim.

Baca juga: MUI Jabar Telah Keluarkan Surat Edaran Tata Pelaksanaan Ibadah Idul Adha, Ini Aturannya

Daging qurban qurban yang halal dan dibagikan juga menjadi aliran kebaikan yang mana kita ketahui bersama menjadi salah satu sumber protein bagi makanan manusia.

"Dari makananlah manusia mendapat energi untuk tumbuh berkembang. Komponen utama makanan adalah protein yang diperoleh dari hewan ternak halal. Wajib disembelih secara halal. (Oleh karena itu) ketika ibadah qurban, penyembelihan harus dilakukan sesuai syariat agar halalan tayyiban," kata Ketua Halal Center Salman ITB, Bapak Prof. Apt. Muhammad Ibrahim.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved