Breaking News:

Cuaca Ekstrem Melanda Kabupaten Sukabumi, BPBD Minta Warga Sukabumi Waspada

Anita Mulyani meminta masyarakat untuk tetap waspada. Terlebih bagi warga yang tinggal di tempat yang rawan terjadi bencana longsor dan banjir.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin
Plt Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Seminggu ini cuaca ekstrem melanda wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Plt Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani meminta masyarakat untuk tetap waspada. Terlebih bagi warga yang tinggal di tempat yang rawan terjadi bencana longsor dan banjir.

"Intinya sampai sejauh ini mengenai cuaca ekstrem memang masih berjalan dan mungkin ini ada pergeseran juga ya, harusnya kan ini sudah memasuki musim kemarau tapi ternyata hujan masih terus menerus yang artinya semua masyarakat tetap harus waspada. Terutama bagi masyarakat yang berada di perumahan atau kediaman atau yang memiliki rumah yang dekat-dekat tebing, kemudian yang lebih ke potensi longsornya lebih besar, kemudian banjir juga, jadi kepada masyarakat tetap waspada," kata Anita, Jumat (2/7/2021).

Pihaknya juga mengimbau warga tidak membuang sampah ke sungai untuk mencegah banjir.

Baca juga: Nazar Selamat dari Longsor Cimanggung, Kapolres Sumedang Bantu Perbaiki Masjid di Lokasi Bencana

"Kemudian perhatikan lingkungan di sekitar kira-kiranya membahayakan sebaiknya segera mencari tempat lebih aman, kemudian masyarakat juga diimbau saling bahu membahu bergotong royong membersihkan saluran air," katanya.

"Terutama saluran air yang dipenuhi oleh sampah-sampah dan masyarakat juga sudah membiasakan jangan buang sampah ke sungai mulai dari sekarang kita tata kembali, terutama dari tingkat paling bawah RT RW itu tolong ikut sertakan masyarakat untuk sama-sama melihat kondisi di lingkungan sekitarnya," jelasnya.*

Baca juga: Berpotensi Dilanda Gempa dan Tsunami, Anak-anak di Pangandaran Juga Harus Diedukasi Mitigasi Bencana

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved