Breaking News:

Baru Enam Hari Dibuka, Objek Wisata di KBB Kembali Ditutup Imbas Zona Merah

Pemkab kembali menutup semua objek wisata di Bandung Barat. Imbas zona merah.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Kondisi di obyek wisata The Great Asia Africa Lembang setelah ditutup karena KBB masuk Zona Merah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pemerintah Kabupaten  Bandung Barat (KBB) kembali menutup semua objek wisata karena wilayahnya terjerumus lagi ke zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Sebelumnya obyek wisata sempat di Bandung Barat ditutup sejak 16-22 Juni, kemudian penutupan diperpanjang dari 23-29 Juni 2021.

Namun, karena KBB saat itu masuk zona oranye, obyek wisata diizinkan dibuka pada Jumat (25/6/2021) lalu.

Hanya dalam kurun waktu satu bulan, objek wisata di KBB mengalami tiga kali penutupan dengan durasi penutupan setiap satu pekan.

Ketua Harian Satgas Covid-19 KBB Asep Sodikin, mengatakan, untuk saat ini obyek wisata tersebut ditutup kembali hingga 5 Juli 2021 mendatang.

"Kami dari kemarin sudah membuat surat edaran. Kami memberikan perlakuan kalau zona merah seperti apa, orange, dan kuning seperti apa. Untuk yang kemarin itu sudah dibuat seperti itu," ujarnya saat ditemui di Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (30/6/2021).

Terkait penutupan ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB untuk menginformasikan perihal penutupan tersebut pada pengelola objek wisata. 

"Otomatis tutup dan sudah bicara dengan Kadisparbud untuk disampaikan ke pelaku wisata. Saat kita zona oranye dan buka beberapa hari lalu itu sebetulnya dari sisi skor sangat tipis dan akhirnya sekarang terpeleset ke zona merah lagi," kata Asep.

Kepala Disparbud KBB, Heri Partomo mengatakan, jika objek wisata kembali ditutup karena wilayah KBB sudah kembali lagi masuk ke zona merah

"Iya secara otomatis ditutup. Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Plt Bupati Bandung Barat saja," kata Heri.

Berdasarkan Pengaturan Teknis dari Disparbud KBB tertanggal 29 Juni 2021, disebutkan jika kegiatan pada are publik termasuk di dalamnya tempat wisata ditutup sementara jika daerah tersebut kembali masuk ke zona merah.

Namun jika berada di zona oranye diizinkan buka dengan pembatasan kapasitas maksimal 25 persen.

Baca juga: Kota Bandung Kritis Covid-19, Wali Kota Buat Perwal Baru, Jam Malam Diterapkan & Mobilitas Dibatasi

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved