Breaking News:

Ini Hal Kecil yang Berakibat Fatal dalam Membuat Ramuan Kunyit, Khasiat Besarnya Bisa Hilang

Ia mengatakan, kebanyakan warga merebus dulu lalu diparut dan direbus lagi. Hal tersebut menurutnya akan menghilangkan banyak khasiat dari kunyit.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Seli Andina Miranti
Sajian Sedap
Ilustrasi minuman kunyit. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Resti Rahmawati (30), seorang pebisnis kunyit yang sudah dua tahun bergerak di bidang herbal kunyit di Cianjur, mengatakan, kebanyakan warga melewatkan hal penting saat membuat ramuan kunyit untuk di rumah dan dikonsumsi keluarga.

Ia mengatakan, selama pandemi covid-19 memang permintaan herbal kunyit meningkat. Hal penting yang harus diperhatikan warga adalah proses pembuatan herbal kunyit itu sendiri.

"Jadi cari kunyit besar campur dengan kunyit kecil bahan bumbu bersihkan lalu parut, setelah diparut maka peras lalu panaskan sampai mendidih," ujar Esti ditemui di Cianjur, Senin (28/6/2021).

Ia mengatakan, kebanyakan warga merebus dulu lalu diparut dan direbus lagi. Hal tersebut menurutnya akan menghilangkan banyak khasiat dari kunyit.

"Jadi yang saya geluti adalah resep leluhur, bahannya ada di sekitar tak sulit untuk mendapatkan yakni kunyit, gula aren, dan pegagan," ujar Resti.

Ia mengatakan, selama pandemi covid-19 sudah banyak memberikan terapi penyembuhan obat kimia, terutama kepada pasien yang positif covid-19.

Resti Rahmawati (30) seorang pebisnis kunyit yang sudah dua tahun bergerak di bidang herbal kunyit di Cianjur
Resti Rahmawati (30) seorang pebisnis kunyit yang sudah dua tahun bergerak di bidang herbal kunyit di Cianjur (Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin)

"Kalau orang terdekat yang masuk rumah sakit dan positif yang mereka rasakan stres dan memicu organ lainnya juga sakit terutama lambung," katanya.

Ia mengatakan, dirinya sempat memberikan saran kepada pasien ICU yang sudah dua minggu dirawat dan setiap dites positif.

Baca juga: MANFAAT Kunyit Bisa Hilangkan Rasa Sakit, Tapi Juga Punya Efek Samping Seperti Ini

"Saya coba kasih satu liter herbal kunyit ini alhamdulilah membaik," katanya.

Resti mengatakan, tak hanya yang sakit, untuk yang sehat juga, kalau misal yang mau buat di rumah yang berkhasiat si kunyit jangan dipotong potong dan direbus. Tapi dibersihkan lalu diparut dan diperas.

"Kunyit mentah diparut diambil airnya dipanaskan sampai mendidih ditambahkan gula merah langsung diminum," katanya.

Menurutnya cara ini menjadi lebih baik jika ditambahkan asam Jawa

"Kalau di ruangan luar bertahan dua hari dan satu minggu bisa bertahan di lemari es, kalaustok lama bisa disimpan di freezer," katanya.

Baca juga: Rasakan Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Sarapan Setiap Hari, Berkhasiat Redakan Radang Sendi

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved