Breaking News:

Hadirnya Teknologi 5G Harus Diimbangi Dengan Produktifitas Untuk Menuju Indonesia Making 4.0

Teknologi internet saat ini memasuki era 5G meninggalkan era 4G. Namun, layanan internet 5G ini harus diimbangi dengan aktifitas masyarakat

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Mega Nugraha
ist
ilustrasi jaringan 5G 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Teknologi internet saat ini memasuki era jaringan 5G meninggalkan era 4G. Namun, layanan teknologi 5G ini harus diimbangi dengan aktifitas masyarakat untuk semakin produktif memanfaatkan teknologi.

Direktur Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo RI, Ahmad M Ramli menyampaikan bahwa penyelenggaraan teknologi 5G memiliki kemampuan lebih baik dari 4G.

“Jaringan 5G mampu melakukan download dengan kecepatan hingga 20 GBPS, yang 20-100 kali lebih cepat dari 4G yang kecepatan unduhnya mentok diangka 1 GBPS,” kata Ahmad Ramli, dalam webinar nasional bertajuk “5G dan Masyarakat Cerdas Bertelekomunikasi” via Zoom, belum lama ini.

Ketua Pusat Studi Cyber Law Fakultas Hukum Unpad, Tasya Safiranita Ramli menambahkan bahwa pemanfaatan layanan 5G di Indonesia memberikan banyak manfaat bagi sektor infrastruktur di Indonesia. 

Baca juga: Di Situasi Begini, Pemerintah Bisa Produksi Vaksin Covid-19 tanpa Izin Pemilik Hak Paten Vaksin

"Semoga ke depannya semakin baik dengan dukungan kerjasama pemanfaatan teknologi dan kolaborasi sektor pendidikan serta karya kreativitas anak bangsa,” ujar Tasya.

Dosen Departemen Teknologi Informasi, Komunikasi dan Kekayaan Intelektual FH Unpad, Ranti Fauza Mayana, mengatakan, di webinar itu, dibahas soal pemanfaatan teknologi 5G sebagai komunikasi seluler “Generasi Kelima".

"Yang direkayasa untuk meningkatkan kecepatan dan daya tampung data yang meningkat sangat pesat," ucap Ranti.

Para narasumber ini mewanti-wanti soal pemanfaatan teknologi 5G supaya digunakan sebaik mungkin untuk mendorong produktivitas dan kreatifitas masyarakat.

"Melalui sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dengan pihak terkait mengingat pemanfaatan 5G dalam berbagai bidang, yang tidak dapat dipisahkan dari eksistensi support system yang solid dan sumber daya manusia yang tidak saja technologically advanced tetapi juga cerdas dan bijaksana dalam bertelekomunikasi,” ujar Ranti.

Ketua Bidang Pelatihan dan Pengembangan Profesi Ikatan Notariat Unpad, Eric David Wardhana menyambut baik hadirnya teknologi 5G. Menurut dia, teknologi itu sebagai technological breakthrough yang membantu proses pembelajaran baik bagi tutor maupun pembelajar. 

Baca juga: Kata-kata Bijak Kebahagiaan, Pesan Agar Selalu Berpikir Positif dan Hidup Bahagia, Bagikan di Medsos

"5G merupakan inovasi luar biasa dalam aspek infrastruktur digital nasional yang tentunya diharapkan dapat memantik domino effect dalam mencapai agenda Making Indonesia 4.0 dan misi pemerintah untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif di berbagai bidang," kataya. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved