Breaking News:

Panduan Pelaksanaan Iduladha 1442 H di Indonesia Termasuk Jabar, Ini Isi Lengkap Surat Edaran Menag

Menteri Agama sudah menerbitkan surat edaran mengenai panduan pelaksnaan Iduladha 1442 H. Ini poin-poinnya.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi - Kemenag sudah memutuskan tata cara atau panduan ibadah Iduladha tahun ini. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Agama menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Shalat Iduladha dan pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

Pelaksanaannya pun diberlakukan dan akan diterapkan di Jawa Barat.

Ini menjadi panduan pelaksanaan Iduladha 1442 H tahun ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dan memerintahkan semua ASN Kementerian Agama di Jabar untuk menyosialisasikan surat edaran tersebut.

Adib menjelaskan diterbitkannya surat edaran tersebut adalah untuk menekan penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat.

"Tentunya, Menteri Agama menerbitkan surat edaran ini tujuannya baik untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan demi keselamatan umat juga. Maka dari itu, saya mengimbau semua pihak untuk mematuhi surat edaran tersebut," ujar Adib melalui siaran digital yang diterima, Minggu (27/6/2021).

Adib mengatakan bahwa pada surat edaran tersebut diatur mengenai pelaksanaan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban.

“Pada surat edaran tersebut ditegaskan bahwa wilayah dengan status zona merah dan oranye (salat Iduladha di masjid dan lapangan) ditiadakan, sedangkan untuk zona hijau diperbolehkan, namun tetap harus ada surat rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 pada domisilinya dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat,” ujarnya.

Sampai Minggu (27/6/2021), status zonasi risiko penyebaran Covid-19 di Jawa Barat terdiri atas dua zona merah, yakni Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, sedangkan kota dan kabupaten lainnya berstatus zona oranye.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved