Breaking News:

Majalengka Beberapa Hari Terakhir Diguyur Hujan padahal Masuki Kemarau, Ada Apa? Ini Penjelasan BMKG

Hujan dari mulai ringan hingga lebat dan berpeluang disertai petir diprakirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Ravianto
eki yulianto/tribun jabar
Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Ahmad Faa Izyin menjelaskan fenomena Majalengka diguyur hujan meski memasuki musim kemarau. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Sekitar satu pekan terakhir, wilayah Ciayumajakuning, khususnya Majalengka kerap diguyur hujan dengan intensitas yang beragam.

Hujan dari mulai ringan hingga lebat dan berpeluang disertai petir diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Ahmad Faa Izyin mengatakan, hujan yang terjadi beberapa hari ini sejatinya hampir terjadi secara merata di pulau Jawa.

Gangguan atmosfer, jelas dia, jadi salah satu pemicu kondisi itu.

“Hal ini disebabkan gangguan atmosfer yang bersifat sementara, berupa adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera."

"Membentuk daerah perlambatan serta belokan kecepatan angin di wilayah Jawa barat. Didukung kondisi kelembaban udara yang cukup tinggi di atmosfer, dan suhu muka laut yang hangat di perairan Utara Jawa Barat."

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan,” ujar Faiz, sapaan akrabnya, Sabtu (26/6/2021).

Dijelaskan faiz, hujan masih berpotensi terjadi hingga 3 hari ke depan dengan intensitas bervariasi.

Dari ringan hingga lebat dan dapat disertai petir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved