Breaking News:

Zona Merah Beberapa Masjid di Kota Bandung Tiadakan Solat Jumat

Salat Jumat di sejumlah masjid di kota Bandung untuk sementara ditiadakan menyusul adanya kenaikan kasus Covid-19

Penulis: Tiah SM | Editor: Siti Fatimah
Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
ILUSTRASI salat- Salat Jumat di sejumlah masjid di kota Bandung untuk sementara ditiadakan menyusul adanya kenaikan kasus Covid-19. 

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG- Kasus Covid 19 di Kota Bandung terus melonjak sehingga Kota Bandung zona merah. Masuknya zona merah beberapa masjid menutup kegiatan solat Jumat.

Kecamatan Buahbatu walau rangking ke 25 kasus Covid 19, tapi tetap menerapkan PPKM.

Camat Buahbatu Edi Juhendi mengatakan, saat ini Kecamatan Buahbatu  masih mengacu pada perwal 61 PSBB yang diperketat dan melaksanakan PPKM di beberapa RW .

Baca juga: Salat Idul Adha di Zona Merah Disarankan di Rumah Saja, Kata MUI

"PPKM  diberlakukan yang tingkat terpaparnya tinggi otomatis pengetatan aktivitas warga dan pengawasan kepatuhan para pelaku ekonomi kami tingkatkan bersama 3 pilar," ujar Edi Jumat (25/6)

Edi juga melakukan penghimbauan pada kafe resto dan Rumah Makan untuk tidak memberikan pelayanan makanan ditempat. Tapi sifatnya hanya melayani yang take away untuk dibawa pulang. 

Begitu juga jam operasional mall dan toko moderen tiap hari tetap diawasi sesuai perwalharus sudah tutup mulai pkl. 19.00 wib.

Baca juga: Ada Surat Edaran Soal Pelaksanaan Salat Idul Adha, Kemenag Bandung; Belum Dapat Suratnya

Edi mengatakan, sebelum masuk zona merah sholat jumat dibeberapa wilayah RW yanh paparan covidnya tinggi otomatis ditiadakan.

Contoh Dari RW 10 Margasari dan RW 11 sudah secara mandiri oleh satgas RW nya solat Jumat ditiadakan.

Menurut Edi, di wilayah yang tingkat warganya terpapar rendah pada umumnya masih melaksnakan sholat jumat di mesjid dengan mengikuti Prokes covid 19, dengan jumlah yang dibatasi sekitar 50bsd 30%.

Edi  mengatakan di wilayahnya yang terdata oleh satgas covid kecamatan berdasarkan hasil laporan  para ketua satgas RW rata-rata di rw yang sedang melakukan PPKM menutup masjidnya, RT 01 dan 06 Jatisari, Margasari rw 20, 21, 15, 11, dan 10  di Cijaura Rw 01 dan 07.

Baca juga: Kemenag Keluarkan Surat Edaran; Salat Idul Adha Tak Boleh di Lapangan Atau Masjid untuk Daerah Ini

"Di Sekejati ada beberapa rw yang PPKM rata-rata  mesjidnya untuk sementara ditutup," ujar Edi.
Edi mengatakan , adanya PPKM di beberapa RW, Kecamatan Buahbatu yang beberapa bulan bertahan di 10 besar akhirnya sepekan terakhir keluar dari 10besar covid 19.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved