Breaking News:

Tak Semua Pasien Covid Harus ke Rumah Sakit untuk Dapat Penanganan, Mengapa? Ini Penjelasan Satgas

Peningkatan kasus COVID-19 dalam beberapa minggu terakhir membuat keterisian tempat tidur rumah sakit di berbagai daerah melonjak.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
Dok. Tenaga Kesehatan RS Sentra Medika
Seorang nakes tengah membantu pasien Covid-19 untuk menunaikan ibadah shalat di Rumah Sakit Sentra Medika, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir membuat tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di berbagai daerah melonjak. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir membuat tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di berbagai daerah melonjak.

Maka diperlukan manajemen yang baik terkait distribusi pasien Covid-19 yang tepat berdasarkan gejala sehingga keterisian tempat tidur di rumah sakit dapat terkendali.

“Tidak semua pasien Covid-19 harus ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lanjut. Pasien dengan gejala berat dan sedang yang berhak didahulukan untuk mendapatkan penanganan, baik isolasi maupun perawatan intensif di rumah sakit," kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui siaran digital, Jumat (25/6).

Menurut data global dari WHO, mayoritas pasien Covid-19 di dunia bergejala ringan hingga sedang dengan persentase sama, masing-masing 40 persen.

Karena itu, kesuksesan dalam manajemen pelayanan kesehatan yang baik ini bukan hanya terkait dengan masalah operasional rumah sakit, namun juga terkait dengan peran besar masyarakat serta fasilitas kesehatan di tingkat komunitas.

Satgas menjelaskan sebaiknya isolasi dilakukan terpusat di lokasi-lokasi yang layak agar pelaksanaannya terpantau dengan baik.

Pemerintah daerah melalui dinas kesehatan setempat bertanggung jawab menyediakan fasilitas isolasi terpusat. 

Fasilitas yang disediakan pun harus layak dan menarik minat masyarakat memanfaatkan fasilitas yang disediakan.

Satgas memahami kemampuan setiap daerah yang berbeda.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved