Breaking News:

Ridwan Kamil Tinjau Tempat Isolasi di Garut, Beri Arahan Ini Agar Rumah Sakit Tidak Kolaps

Ridwan Kamil menjelaskan, yang membuat kolaps rumah sakit adalah tidak adanya ketersediaan tempat isolasi di daerah

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Sidqi Al Ghifari
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pemantauan ruang isolasi pasien Covid-19 di Kabupaten Garut, Jumat (25/6/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pemantauan ruang isolasi  pasien Covid-19 di Kabupaten Garut, Jumat (25/6/2021).

Ada dua tempat yang dipantau gubernur yakni Rumah Sakit dr Slamet Garut dan tempat isolasi mandiri di Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Garut harus menerapkan pola hulu dan hilir dalam penanganan pasien Covid-19.

Pola yang ia maksud adalah mengutamakan penggunaan tempat isolasi yang disediakan oleh desa hal tersebut untuk mencegah ketersediaan tempat tidur penuh di rumah sakit.

"Pola hulu, jadi sebelum ke rumah sakit yang (bergejala) ringan, sedang gausah ke rumah sakit, cukup dirawat di sini (desa)," ungkapnya.

Sementara pola hilir, menurutnya, pasien Covid-19 yang sudah dirawat di rumah sakit dan menjelang sembuh harus segera dipindahkan ke tempat isolasi lain sehingga tempat perawatan di rumah sakit benar-benar dipakai untuk pasien yang butuh penanganan emergency.

Baca juga: Kecamatan Cibiru Sediakan Tempat Isoman Bagi Keluarga Pasien yang Positif di Kelurahan Pasir Biru

"Pola hilir yang sudah sembuh di rumah sakit dipindah transisikan dulu ke hotel, apartemen, rusun atau ruang isolasi di wilayah, sehingga tempat tidur di rumah sakit yang terbatas betul-betul hanya bagi mereka yang butuh dan kondisi berat," ucapnya.

Ridwan Kamil menjelaskan, yang membuat kolaps rumah sakit adalah tidak adanya ketersediaan tempat isolasi di daerah, sehingga menyebabkan pasien berbondong-bondong ke Rumah Sakit Umum.

Pihaknya kini sudah menginstruksikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakan dan Pemerintaan Desa (DPMPD) dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) agar segera menyiapkan tempat isolasi mandiri di setiap desa.(*)

Baca juga: Bupati Cantik Ini Siapkan Tempat Isolasi Bagi Karyawan Perusahaan Industri yang Positif Covid-19

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved