Breaking News:

Kasus Pada Anak-anak Naik, Ribuan Terpapar, Catat 13 Gejala Covid-19 Pada Anak yang Harus Diwaspadai

Kasus Covid-19 dari kalangan anak-anak mengalami peningkatan karena itu orangtua khususnya perlu tahu gejala Covid-19 pada anak-anak

Editor: Siti Fatimah
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
ilustrasi anak-anak - Kasus Covid-19 dari kalangan anak-anak mengalami peningkatan karena itu orangtua khususnya perlu tahu gejala Covid-19 pada anak-anak. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Corona virus menyerang siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Bahkan saat ini di tengah lonjakan kasus Covid-19, terkonfirmasi positif dari kalangan anak-anak bisa tergolong cukup banyak.

Contohnya di DKI Jakarta, dari 7.505 kasus, sebanyak 15 persen dari jumlah kasus positif Covid-19 tersebut adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Kondisi ini tidak saja perlu menjadi perhatian semua pihak terutama orangtua agar lebih mengawasi dan memberikan pemahaman tentang Covid-19.

Baca juga: Dalam 3 Hari, Pasien Positif Covid-19 di Karawang Tambah 1.155, Tiap Hari Naik

Jadi anak-anak tidak saja diingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan, namun pemahaman akan bayaha yang bisa saja timbul bila terpapar Covid-19 terlebih bila menularkan pada anak-anak yang memiliki riwayat penyakit,

Bukan hanya itu, orangtua khususnya harus tahu juga gejala-gejala Covid-19 pada anak-anak, meski secara umum hampir sama gejalanya dengan orang dewasa, namun terkadang orangtua tidak menyadarinya, bahkan menganggap apa yang terjadi pada anak adalah penyakit biasa yang bisa dialami setiap anak.

Dikutip dari Kontan.id, saat ini, virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 juga banyak yang menyerang anak-anak

Melansir dari Mayo Clinic dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian anak yang terkena Covid-19 tidak memiliki gejala apa pun dan gejala ringan. 

Namun, tak menutup kemungkinan, mereka mengalami gejala berat.

Baca juga: Bed Wuhan di RSUD Ciamis Penuh, 13 Pasin Covid-19 Terpaksa Antre di IGD

Mereka mungkin memerlukan rawat inap, perawatan intensif, atau ventilator untuk membantu mereka bernapas. Dalam beberapa kasus, Covid-19 juga bisa merenggut nyawa anak. 

Selain itu, anak-anak dengan kondisi tertentu, seperti obesitas, diabetes, dan asma, mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius akibat Covid-19

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved