Breaking News:

Hal Menakutkan itu Terjadi, Saat RS Penuh Puluhan Pasien Covid-19 di Bekasi Dirawat di Tenda Darurat

Sejumlah pasien Covid-19 dirawat di tenda darurat disediakan RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi karena ruang perawatan khusus Covid-19 penuh

Editor: Mega Nugraha
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Sejumlah pasien COvid-19 harus mendapat perawatan di ruangan tenda dadakan yang disediakan RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Sejumlah pasien Covid-19 dirawat di tenda darurat disediakan RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi karena ruang perawatan khusus Covid-19 sudah penuh. 

Di sisi lain, saat bersamaan, pasien positif Covid-19 selalu berdatangan tiap jamnya. Mereka yang datang mendapat perawatan di ruang tenda darurat.

Di tenda darurat itu, disediakan tempat tidur dan tabung oksigen. Pasien yang datang kebanyakan mengalami sesak nafas.

Pantauan Tribun, ada tiga tenda darurat di halaman RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. Di tenda darurat, terisi sekira 30 tempat tidur.

Baca juga: Mulai Kewalahan Tangani Penyebaran Covid-19, Pemkot Cirebon Batasi Seluruh Kegiatan Masyarakat

Pasien Covid-19 tampak tidur dan mayoritas menggunakan selang untuk menyalurkan oksigen. Tenda itu sendiri sudah digunakan sejak Rabu (23/6/2021). Pasien yang menempati tempat tidur di tenda, menunggu ruangan perawatan kosong.

Meski sudah menyediakan tenda darurat berisi puluhan tempat tidur, nyatanya pasien Covid-19 masih berdatangan dengan berbagai gejala seperti badan linu hingga sesak.

Karenanya, banyak pasien Covid-19 yang dirawat tanpa tempat tidur alias duduk beralasan lantai, duduk di kursi roda dengan alat infus dan oksigen menempel di tubuh mereka.

Kondisi ini merupakan situasi yang paling ditakutkan selama pandemi Covid-19. Jika sebelumnya saat sebelum terjadi lonjakan kasus, pasien masih bisa ditangani, namun saat kasus melonjak tinggi, sistem rumah sakit nyaris kolaps sehingga pasien harus ditangani di tempat darurat.

Direktur Utama RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Kusnanto mengatakan, kapasitas tenda darurat saat ini memang sudah penuh.

Padahal, pihaknya membangun tenda untuk mengantispasi adanya pasien tertolak lantaran kapasitas rumah sakit sudah membeludak.

"Hari ini kita baru pasang tenda di hari kedua, begitu pasang tenda malam, paginya sudah penuh dengan 30 bed pasien yang kita sediakan dan tenda ini adalah sebagai triase," kata Kusnanto, Kamis (24/6/2021).

Dia menjelaskan, saat ini terdapat 368 pasien yang dirawat di RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Ruangan IGD RSUD dengan dibangunnya tenda darurat, dijadikan ruang rawat inap pasien yang dapat menampung 100 tempat tidur.

"Triase ini adalah fungsinya untuk mengurai apakah pasien ini terindikasi Covid-19 atau tidak, setelah terindikasi baru masuk ke dalam ruang IGD, jadi ruang IGD yang ada sekarang kita jadikan sebagai ruang rawat inap," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BERITA FOTO: Rumah Sakit Penuh, Pasien Covid-19 di Bekasi Ditampung dalam Tenda,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved