DKP3 Kota Sukabumi Gencarkan Vaksin Rabies Datangi Pemilik Hewan, Targetkan 2.000 Ekor Disuntik

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, melaksanakan program vaksinasi hewan penular rabies dengan target 2.000 ekor disuntik

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
DKP3 KOTA SUKABUMI
Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, gencar melaksanakan program vaksinasi hewan penular rabies (HPR). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Kota Sukabumi Dian Herdiansyah.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, gencar melaksanakan program vaksinasi hewan penular rabies (HPR) di wilayahnya. 

Proses vaksinasi dilakukan dengan cara jemput bola ke setiap rumah yang memiliki peliharaan hewan yang akan menimbulkan penularan rabies.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan menjelaskan, pemberian vaksin terhadap HPR ini berlangsung sejak 7 Juni 2021.

"Kami laksanakan dengan menyasar ke 33 kelurahan di Kota Sukabumi," ujar Andri, Jumat (26/6/2021).

Baca juga: Saat-saat Terakhir Bocah di Medan yang Meninggal Digigit Anjing Rabies, Kondisinya Memilukan

Andri menambahkan, pihaknya telah memberikan vaksin rabies terhadap 800 ekor hewan, dari yang ditarget sebanyak 2.000 ekor HPR di tahun 2021 ini.

"Kami optimistis akan selesai bulan Juli, bahkan akan melebihi target. Kami akan lakukan penyisiran," ucap Andri.

Baca juga: Peringati Hari Rabies Sedunia, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Lakukan Vaksinasi Rabies Gratis

Kepala Seksi Kesehatan Hewan pada DKP3 Kota Sukabumi, Ela Yuliawati menambahkan, pemberian vaksin terhadap HPR ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan rabies di wilayah.

"Vaksinasi rabies untuk HPR akan diberikan kepada, anjing, kucing, dan kera. Pemberian vaksin tersebut wajib dilakukan, karena rabies merupakan penyakit zoonosis atau dapat menular kepada manusia," kata Ela. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved