Breaking News:

Trofi Sepatu Emas yang Diraih Cristian Gonzales saat di Persib Bandung Ternyata Dibuat di Tempat Ini

Penyerang Persib Bandung pada 2010, Christian Gonzales, menyabet trofi Sepatu Emas pada Liga Indonesia 2010. Tahukah kamu, dimana trofi itu dibuat?

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mega Nugraha
Simamaung.com
Cristian Gonzales saat berkostum Persib Bandung 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Penyerang Persib Bandung pada 2010, Christian Gonzales, menyabet Trofi Sepatu Emas pada Liga Indonesia 2010. Tahukah kamu, di mana trofi Sepatu Emas itu dibuat?

Ternyata, Trofi Sepatu Emas sebagai tanda pemain terbaik itu, dibuat di industri rumahan di Desa Silebu, Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.

"Dulu waktu banyak pesanan pembuatan piala. Kami juga membuat tropi bentuk sepatu yang di lapisi emas, pada saat itu diberikan kepada pemain terbaik di Liga Indonesia 2010. Yaitu Cristian Gonzales sewaktu jadi pemain Persib Bandung," ungkap Aripin salah seorang pekerja pembuat saat ditemui di Desa Silebu, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: VIDEO Penampakan Babi Hitam Brutal di Pangandaran, Saat Ditangkap Malah Balik Menyerang

Cara pembuatan piala dengan bentuk sepatu, kata dia mengaku tidak beda dengan cara pembuatan piala pada umumnya.

"Langkah awal pembuatan piala jelas harus di pola terlebih dahulu. Kita lihat gambar dan baru mulai menyiapkan bahannya dengan potongan yang di butuhkan dalam pembangunan," katanya.

Memasuki tahap pemotongan itu disusul dengan pembentukan berdasarkan ukuran menggunakan pematrian saat menyambungkan bahan satu dengan lainnya.

"Dalam menghubungkan bahan satu dengan lainnya itu dengan cara dipatri. Ini memerlukan keterampilan, sebab alat patri ini mengandalkan api melalui alat seperti buat ngelas gitu," katanya

Setelah terbentuk, selanjutnya masuk tahap penyempurnaan dengan tahapan poles atau penghalusan.

"Nah, saat moles, semua masih menggunakan alat tradisional. Bisa dilihat, ketika bentuk piala itu harus ditempel dan diputar dengan kedua kaki di tempat yang disediakan begitu," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved