Camat Rancasari dan Lurah Derwati Lakukan Perjalanan Dinas ke Yogya, Ini Tanggapan LPM Kota Bandung

Ketua LPM Kota Bandung, Merdi Hajiji, menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh Camat Rancasari dan Lurah Derwati.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Camat Rancasari, Hamdani, saat ditemui di Kantor Kecamatan Rancasari, Kelurahan Cipamokolan, Kota Bandung, Senin (21/6/2021) 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemberitaan viral terkait tindakan Camat Rancasari dan Lurah Derwati yang melakukan perjalan dinas ke Yogyakarta di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kota Bandung menuai beragam tanggapan publik.

Salah satu yang memberikan tanggapan adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung, Merdi Hajiji, menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh kedua pejabat kewilayahan tersebut.

Baca juga: Perjalanan Dinasnya ke Yogyakarta Viral di Media Sosial, Camat Rancasari Minta Maaf

Terlebih kepergian ke Yogyakarta tersebut juga mengikutsertakan para pengurus inti LPM Kelurahan Derwati.

“Menyikapi hal itu, kami (LPM Kota Bandung) merasa kaget dengan adanya kegiatan penguatan kelembagaan yang katanya melibatkan LPM Kelurahan Darwati ke Yogyakarta itu,” ujar Merdi saat dihubungi melalui telepon, Senin (21/6/2021).

"Sebab, urgensi penguatan kelembagaan di saat pandemi yang terus meningkat saat ini harusnya bisa dilakukan dengan meningkatkan peran lembaga kemasyarakatan dalam memberikan edukasi kemasyarakatan di wilayah masing-masing."

Merdi tidak menampik bila kegiatan sinergitas dan penguatan kelembagaan sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas lembaga dalam memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

Terlebih, penguatan kelembagaan pun bisa membantu pemerintah dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Namun, kalau dilakukan di saat ini, memang momennya kurang pas."

"Sekarang kita lagi berjuang bahu-membahu untuk menurunkan kembali tingkat penyebaran Covid-19."

"Oleh karena itu, kami sangat menyesalkan dan menyayangkan tindakan Camat Rancasari dan Lurah Derwati tersebut,” ucapnya.

Dengan kejadian ini, Merdi pun mengingatkan kembali dan mengimbau kepada seluruh pengurus LPM kelurahan dan kecamatan se-Kota Bandung untuk senantiasa memberikan kontribusi dalam penanganan Covid-19 secara kolaboratif.

“Bisa melalui kegiatan BBGRM (Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) dalam PIPPK (Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan) di setiap kecamatan, seperti penyemprotan disinfektan, pemberian bantuan sembako kepada warga yang terpapar positif Covid-19 dan yang sedang melakukan isoman, dan peningkatan kegiatan woro-woro kepada masyarakat untuk selalu taat terhadap protokol kesehatan,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved