Breaking News:

Hal Sepele Yang Membahayakan Kelistrikan Di Rumah

Listrik sudah sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Mulai dari menghidupkan lampu, pengisian daya HP, menghidupkan alat elektronik, hingga kegi

Istimewa
Hal Sepele Yang Membahayakan Kelistrikan Di Rumah 

TRIBUNJABAR.ID - Listrik sudah sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Mulai dari menghidupkan lampu, pengisian daya HP, menghidupkan alat elektronik, hingga kegiatan di dapur. Ini karena listrik merupakan energi penggerak.

Meski listrik dekat dengan kita, bukan berarti penggunaanya bisa sembarangan. Kita tetap harus menggunakannya dengan waspada dan mempedulikan keadaan instalasi listrik baik didalam rumah maupun jaringan listrik dan aset milik PLN agar tidak terjadi kecelakaan ketenagalistrikan seperti korsleting, tersetrum atau kebakaran.

Berikut kecerobohan atau ketidaktelitian penggunaan listrik yang dapat membahayakan kita:

  • Membiarkan charger tergantung di saklar
    Charger yang masih menancap di stop kontak masih terus mengalirkan listrik meski handphpone telah dicabut. Kalau ujung kabel yang biasa ditancapkan ke handphone tersebut tidak sengaja tersentuh, bisa membuat orang tersetrum.
  • Memegang perangkat listrik dengan keadaan tangan basah
    Air yang tidak murni merupakan penghantar listrik yang baik. Oleh karena itu, kondisi tangan yang basah ketika menyentuh peralatan yang sedang dialiri listrik akan jauh lebih mudah tersengat listrik/ kesetrum.
  • Membiarkan kabel terkelupas.
    Kabel yang terkelupas dapat menyebabkan timbulnya percikan api sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Selain itu, kabel yang terkelupas dapat menyebabkan korsleting listrik apabila terkena air.
  • Menumpuk colokan T pada satu stopkontak.
    Sering menumpuk colokan T terutama untuk alat listrik dengan beban besar secara bersamaan juga sangat berbahaya. Hal ini karena akan menambah beban listrik dan berpotensi menimbulkan percikan api.

Instalasi listrik didalam rumah merupakan tanggung jawab kita. Berikut ada beberapa cara cegah kebakaran dengan peduli pada instalasi listrik.

  •  Tidak utak-atik kWh meter sendiri
  • Cek steker dirumah. Jika sudah terlihat kehitaman segera ganti dan tidak menumpuk steker
  • Gunakan peralatan listrik dengan Standar Nasional Indonesia (SNI)
  •  Jauhkan alat elektronik dari benda yang mudah terbakar
  • Tidak membiarkan peralatan elektronik menetap di stop kontak terlalu lama

Dari penjelasan diatas, kepedulian dan ketelitian ternyata dapat menyelamatkan kita. Jika terjadi sesuatu pada kWh meter dirumah, kita sebaiknya segera hubungi Contact Center PLN 123 melalui PLN Mobile atau telepon (kode area) 123 untuk ditangani secara professional dan tidak diutak atik sendiri.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved