Breaking News:

Beli Rumah, Cek Dulu Listriknya Urusan Listrik, PLN Mobile in ya!

Membeli rumah bukanlah perkara mudah. Selain harga yang terjangkau, kondisi rumah yang sesuai harapan, dan lingkungan yang baik, ternyata kita juga ha

Editor: bisnistribunjabar
Istimewa
Aplikasi New PLN Mobile 

TRIBUNJABAR.ID - Membeli rumah bukanlah perkara mudah. Selain harga yang terjangkau, kondisi rumah yang sesuai harapan, dan lingkungan yang baik, ternyata kita juga harus memerhatikan kondisi ketenagalistrikannya mengingat energy listrik sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari.

Pengecekan listrik sebelum ada akad jual beli atau sewa menyewa rumah penting supaya jelas apabila terdapat permasalahan dan bisa diselesaikan dengan baik. Berikut tips kelistrikan sebelum membeli atau menyewa rumah :

  • Pastikan instalasi listrik di rumah tidak ada masalah dan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Pemeriksaan instalasi listrik di dalam rumah dilakukan oleh Lembaga Inspeksi Teknik (LIT)
  • Pastikan kWh Meter yang terpasang segelnya masih dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya
  • Cek tagihan rekening listriknya apakah sudah terbayar lunas sampai bulan terakhir sebelum akad jual beli atau sewa menyewa
  • Untuk memastikan pembayaran rekening listrik bisa melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN
  • Pastikan juga listrik yang mengalir ke rumah adalah listrik yang legal agar terhindar dari Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL).

Seperti yang dialami Ujang, dia tidak tahu bahwa kWh meter listriknya telah diutak-atik penghuni sebelumnya. Saat petugas memeriksa, baru ketahuan dia terkena P2TL dan harus bertanggung jawab meski tidak melakukan.

Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) merupakan upaya PLN dalam menertibkan pemakaian tenaga listrik agar pelanggan terhindar dari bahaya listrik dan tetap aman. Kegiatan P2TL terdiri dari. perencanaan, pemeriksaan, tindakan dan penyelesaian yang dilakukan oleh PLN terhadap alat dan jaringan milik PLN, mulai dari tiang, kabel sampai kWh meter (instalasi listrik dalam rumah tidak termasuk karena merupakan tanggung jawab pelanggan).

Petugas P2TL berhak untuk melakukan pemeriksaan terhadap jaringan dan kWh meter yang menjadi wewenang PLN. Hasil pemeriksaan akan dicatat dan dilaporkan. Apabila petugas menemukan pelanggaran, petugas berhak untuk melakukan tindakan langsung di tempat. Beberapa contoh pelanggan ketenagalistrikan yaitu:

  • Merusak segel kWh meter
  • Mengubah batas daya listrik
  • Memengaruhi pengukuran energy (misal memperlambat piringan kWh meter)
  • Menyambung kabel secara illegal
  • Mencatol listrik dari tiang listrik tanpa menggunakan APP
  • Menggunakan listrik tidak sesuai peruntukan

Menurut UU No. 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, penggunaan listrik illegal dapat dikenakan sanksi pidanan seperti denda dan penjara.

Nah, untuk mengecek tagihan listrik dan memastikan listrik yang mengalir merupakan listrik legal, kita dapat menghubungi petugas melalui Contact Center PLN 123 atau PLN Mobile. Melalui PLN Mobile, kita dapat menghubungi kapan saja dan dimana saja. Berikut fitur-fitur dalam PLN Mobile:

  • Cek History Tagihan Listrik atau pembelian token
  • Pengajuan Tambah Daya
  • Pemberitahuan pemutusan jaringan listrik akibat adanya pemeliharann listrik atau gangguan yang menyebabkan perlunya dilakukan jadwal pemutusan
  • Pengaduan laporan/ keluhan pelanggan.
  • SwaCAM (Swadaya Catat Angka Meter), pencatatan angka meteran secara mandiri oleh pelanggan.
    Apabila sebelumnya kita mesti menunggu petugas PLN datang atau mengirim angka meter melalui WA dengan beberapa tahapan, kini dengan PLN Mobile semua makin mudah dan cepat. Untuk melakukan swacam, pelanggan cukup pilih menu catat meter, dan pilih ID pelanggan. Selanjutnya pelanggan mengambil foto kWh meter, masukkan bacaan kWh meter lalu klik kirim. Periode swacam tiap tanggal 24-27 perbulannya
  • Membayar Tagihan Listrik atau membeli token.
    Fitur ini sangat menarik karena pembayaran melalui PLN Mobile dengan Bank Mandiri tanpa biaya admin lho!
    Caranya: pilih menu token & tagihan, lalu pilih ID Pelanggan yang akan dibayar atau masukkan ID Pelanggan lain, lalu tekan Bayar, selanjutnya pilih metode pembayaran jika perlu dan diakhir pelanggan diminta konfirmasi pembayaran.

Layanan PLN Mobile bisa diakses 7x24 jam, dimana saja dan kapan saja.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved