Breaking News:

Covid-19 Varian Delta Masuk Indonesia, Sudah Ditemukan di 6 Provinsi, Bagaimana dengan Jabar?

Kemenkes menyebutkan, sejauh ini virus yang pertama kali terdeteksi di India itu baru terdeteksi ada di enam provinsi di Indonesia

Editor: Seli Andina Miranti
outlookindia
Ilustrasi varian baru virus corona yakni virus Delta atau B.1.67.2 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Varian virus Covid-19 varian Delta yang jauh lebih menular dibanding varian lainnya dipastikan belum masuk ke wilayah Jawa Barat.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, sejauh ini virus yang pertama kali terdeteksi di India itu baru terdeteksi ada di enam provinsi di Indonesia, yakni di DKI, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tirmizi, mengatakan, dari keenam provinsi itu, Jawa Tengah, yakni 75 kasus.

Disusul DKI Jakarta 20 kasus, serta Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur masing-masing tiga kasus.

"Itu Delta saja," ujarnya sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduga varian Delta sudah ada di Bandung.

Tim peneliti, kata Emil, tengah melakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terhadap sejumlah sampel Covid-19 di Bandung.

Baca juga: Ini Bedanya Pola Demam karena Covid-19 dan Demam Berdarah, Kenali Ciri-cirinya

Walaupun hasilnya belum keluar, menurut Emil, kemungkinan varian tersebut memang sudah beredar di Bandung. "Feeling saya ada ya, tapi harus kita tunggu secara resmi," katanya.

Penutupan

Kemarin, menyusul melonjaknya kasus baru Covid-19 di Kota Bandung, sejumlah ruas jalan protokol yang masuk ring 1 dan ring 2 mulai ditutup oleh Satlantas Polrestabes Bandung bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.

Di Jalan Asia Afrika-Tamblong, yang masuk dalam ring 1, penutupan mulai dilakukan pukul 14.00 WIB.

Ada dua skema yang dilakukan kepolisian dan Dishub Bandung dalam penutupan jalan kali ini. Pertama, penutupan dilakukan setiap hari mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
Kemudian ada juga yang ditutup mulai pukul 18.00 WIB sampai 05.00 WIB.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Sumedang Terus Meroket, Pemkab Sumedang Tetapkan Siaga Satu

Khusus simpang Soekarno Hatta-Pasteur sampai dengan Buahbatu hanya akan ditutup satu arah yang menuju ke pusat kota. Sedangkan arah ke Jalan Soekarno Hatta masih diperbolehkan.

Penutupan hari ini dimulai pukul 14.00 sampai 16.00 WIB di 22 ruas jalan jalan yang masuk dalam kategori Ring 1 dan Ring 2. Rencananya penutupan dilakukan hingga dua pekan ke depan.

(syarif abdussalam/nandri prilatama/nazmi abdurahman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved