Breaking News:

Hak Cuti ASN Ditiadakan, Begini Reaksi BKPSDM Bandung Barat dan ASN

BKPSDM masih menunggu surat edaran resmi terkait kebijakan Menpan RB yang meniadakan hak cuti ASN tersebut.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Tarsisius Sutomonaio
tribun-medan.com
Ilustrasi ASN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap menindaklanjuti kebijakan Menpan RB yang meniadakan hak cuti ASN saat pandemi Covid-19.

Kasubbid Penilaian dan Evaluasi Kinerja BKPSDM KBB, Yunita Nur Fadilla, mengatakan BKPSDM masih menunggu surat edaran resmi terkait kebijakan Menpan RB yang meniadakan hak cuti ASN tersebut.

"Nanti pasti ditindaklanjuti dengan surat edaran bupati, cuma saya belum melihat (menerima) surat edaran dari Menpan RB, belum dapat," ujarnya saat dihubungi, Jumat (18/6/2021).

Intinya, kata Yunita, BKPSDM bakal mengikuti kebijakan Menpan RB ini setelah surat edarannya diterima. BKPSDM KBB akan mengedarkan surat itu ke semua ASN Pemkab Bandung Barat.

"Harus ada itunya dulu (surat edaran) untuk dasar kita. Nanti kalau sudah ada kita buatkan lagi surat edarannya" kata Yunita.

Baca juga: Cuti Perorangan ASN Tahun 2021 Ditiadakan, Cuti Bersama Dihapus, Pegawai; Asal Tak Melanggar Hak

Seorang ASN di Setda Pemkab Bandung Barat, Efi Kurnaefi, mengatakan tidak mempermasalahkan kebijakan Menpan RB yang meniadakan hak cuti ASN. Menurutnya, kebijakan itu sudah pasti melewati kajian yang matang.

"Adanya kebijakan ini karena mungkin memikirkan efek yang akan terjadi. Sekarang kan musim pandemi Covid-19, kalau cuti dikhawatirkan dimanfaatkan ASN pergi liburan," ucapnya.

Atas hal tersebut, Efi mendukung dan mengapresiasi kebijakan yang diambil oleh Menpan RB. Ia menerima keputusan ini meskipun jatah cutinya menjadi hilang.

"Kita harus legowo. Di samping itu, kita turut mendorong untuk mensukseskan usaha pemerintah, khususnya dalam menanggulangi pandemi Covid-19," kata Efi.

Ia berharap agar pandemi Covid-19 bisa cepat berlalu supaya hak-hak ASN yang selama ini hilang, seperti jatah cuti bisa kembali didapatkan dan kembali normal seperti biasanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved