Breaking News:

Lima Bulan Setelah Longsor di Cimanggung Sumedang, SMF Bangun Rumah Trauma Healing

Enam bulan yang lalu bencana longsor memporak-porandakan permukiman warga di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Kiki Andriana
PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero membangun rumah trauma healing di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Rabu (16/6/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Lima bulan yang lalu bencana longsor memporak-porandakan permukiman warga di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dalam bencana tersebut, sedikitnya 40 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka akibat terkena material longsor.

Kini, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero membangun dua unit rumah trauma healing yang tak jauh dari lokasi longsor. Dua unit bangunan itu untuk membantu pemulihan warga yang terdampak bencana longsor.

Berdasarkan informasi yang diterima Tribun Jabar, rumah trauma healing SMF itu akan difungsikan untuk mewadahi berbagai macam kegiatan penyuluhan serta pembinaan kepada masyarakat korban longsor.

Di  antaranya pemulihan trauma, konseling, konsultasi kesehatan, hingga pembinaan kewirausahaan untuk mendorong perbaikan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Kisah Ukar, Kakek 80 Tahun Selamat dari Longsor Sumedang, Tertimbun 5 Jam, Disebut Rahasia Allah

Proses evakuasi korban longsor Cimanggung, Kamis (14/1/2021).
Proses evakuasi korban longsor Cimanggung, Sumedang, Kamis (14/1/2021). (Istimewa)

“Rumah trauma healing ini diharapkan menjadi tempat bagi para korban bencana untuk kembali menumbuhkan harapan mereka. Membangun kembali semangat untuk hidup dan berjuang lebih baik serta menatap masa depan dengan lebih optimistis,” kata Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, usai peletakan batu pertama, Rabu (16/6/2021).

Ananta mengatakan pembangunan rumah trauma healing SMF itu merupakan bagian dari program CSR dan jadi bagian dari program 3 pilar PKBL SMF yakni SMF Care yang berfokus pada kepedulian SMF kepada masyarakat sekitar. 

Selain itu, kata dia, dua pilar lainya adalah SMF Green yang merupakan kepedulian SMF kepada lingkungan dan SMF Smart yang merupakan bagian program SMF dalam hal pengembangan kapasitas masyarakat.

"Dengan tumbuhnya harapan masyarakat, dapat mendorong bangkitnya dampak positif baik dari segi sosial maupun ekonomi," kata dia.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Pemkab Sumedang berterima kasih atas dedikasi SMF yang telah mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dalam memulihkan kondisi  pasca bencana. 

"Ke depannya, Pemkab Sumedang akan memaksimalkan sarana tersebut untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Dony.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved