Breaking News:

Begini Jawaban Ketua KPK Firli Bahuri Saat Ditanya Pertanyaan Materi TWK, Pilih Agama atau Pancasila

Materi pertanyaan TWK yang meminta pegawai KPK memilih agama atau Pancasila mendapat komentar dari Firli Bahuri, Ketua KPK.

Editor: Giri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Firli Bahuri menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/1/2020). Begini Jawaban Ketua KPK Firli Bahuri Saat Ditanya Pertanyaan Materi TWK, Pilih Agama atau Pancasila 

TRIBUNAJABR.ID, JAKARTA – Materi pertanyaan tes wawasan kebangsaan (TWK) yang meminta pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih agama atau Pancasila mendapat komentar dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri.

Tanggapan itu disampaikannya dalam program acara Aiman di Kompas TV yang ditayangkan Senin (14/6/2021).

Awalnya, Firli mengatakan, ia tidak ingin mengomentari materi pertanyaan tersebut.

Namun setelah Aiman menanyakan kembali, Firli akhirnya memberi tanggapan bahwa pertanyaan tersebut pernah dialami oleh siapa pun yang mengikuti TWK.

“Saya tidak ingin mengomentari materi pertanyaan di TWK, tapi pertanyaan-pertanyaan tersebut pernah ditemukan oleh siapa pun yang mengikuti TWK, termasuk saya,” kata Firli dalam tayangan tersebut.

Firli menjelaskan semestinya semua pertanyaan bisa disikapi tergantung dengan sikap dan perilaku orang yang menjawabnya.

Ia mencontohkannya dengan memberikan penjelasan terkait penyataan terkait dengan setuju atau tidak setuju seseorang pada gerakan untuk mengubah Pancasila sebagai dasar negara.

“Bagaimana sikap Anda? Anda tinggal memilih apakah Anda sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju atau sangat tidak setuju,” sebut dia.

“Semua kembali pada sikap perilaku kita melihat pernyataan. Begitu juga dengan pertanyaan. Tentu saya tidak ingin masuk dengan tata cara mereka melakukan wawancara, misal tadi disebutkan apakah Anda bisa memilih agama atau memilih Pancasila? Sesungguhnya banyak cara untuk menyikapi pertanyaan tersebut,” jelas Firli.

Aiman kemudian menanyakan, jika pertanyaan itu disampaikan pada Firli, apa jawaban yang akan diberikan.

Baca juga: Ketua XTC Karawang Bantah Ada Instruksi Penyerangan ke Markas DPP LSM NKRI

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved