Breaking News:

Banyak PTS Berkualitas dan Miliki Fasilitas Komplet, Pengamat Pendidikan; Tak Lulus PTN Bukan Kiamat

Ada kesan bahwa fasilitas PTN lebih lengkap dari PTS padahal banyak PTS yang berkualitas dan memiliki fasilitas yang komplet

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Siti Fatimah
dok pribadi/ Istimewa
Pemerhati pendidikan, Cecep Darmawan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dikotomi perguruan tinggi negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harusnya sudah tidak ada lagi, karena kualitas antara negeri dan swasta tidak jauh berbeda. 

Demikian dikatakan Pengamat kebijakan pendidikan yang juga guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Cecep Darmawan saat dihubungi, Senin (14/6/2021).  

"Kualitas Universitas atau Perguruan Tinggi dari sisi akreditasi, banyak juga swasta yang akreditasinya A dan B. Diprodi juga begitu, malah ada di Swastanya A di Negeri justru B, mungkin saja," ujar Cecep. 

Baca juga: ITB Terima 1.581 Mahasiswa Baru Lewat SBMPTN 2021, Selanjutnya Daftar Ulang Lewat Laman Ini

Selama ini, kata dia, ada kesan bahwa fasilitas PTN lebih lengkap dari PTS.

Padahal, sambung Cecep banyak juga PTS yang berkualitas dan memiliki fasilitas yang komplet. 

"Kalau dari segi kualitas sebenarnya tidak bisa melihat dati Negeri dan Swasta. Bukan indikator untuk membandingkan. Kesannya selama ini Negeri dianggap fasilitasnya lebih, terus dianggap lebih murah, mungkin karena subsidi dari pemerintah," katanya. 

Bagi calon mahasiswa yang gagal masuk PTN tahun ini, kata dia, tidak perlu putus asa. Masa depan, kata dia, masih bisa diraih meski masuk PTS

"Oleh karena itu tidak boleh putus asa, bukan kiamat gitu loh, tidak lulus di PTN bukan kiamat. Banyak juga orang sukses jebolan Swasta, bahkan banyak juga yang tidak SMBPTN dan langsung masuk swasta," ucapnya. 

Apalagi di Jawa Barat, sambung Cecep, ada ratusan PTS berkualitas yang dapat menjadi pilihan. 

Banyak lebih dari 100 (PTS Swasta) jadi menurutnya jangan khawatir tidak bisa diterima di negeri kemudian masa depan tertutup.

"Tidak boleh begitu. Peluang untuk sukses masih bisa diraih. Jadi, jangan putus asalah, apalagi generasi muda harus tetap semangat, tidak diterima di PTN masih banyak PTS yang kualitasnya sama dengan negeri," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved