Breaking News:

Terbongkar, Ini Alasan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Melancong ke Sumedang

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menjelaskan asal-usul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepakat bekerja sama dengan Pemkab Sumedang.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Hermawan Aksan
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyantap tahu sumedang di sebuah restoran di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menjelaskan asal-usul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepakat bekerja sama dengan Pemkab Sumedang di bidang perdagangan.

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, kesepakatan kerja sama antara Pemprov Jakarta dan Pemkab Sumedang di bidang perdagangan tersebut merupakan royalti dari Pemprov Jakarta untuk Sumedang.

Royalti ini, kata Dony, berasal dari DKI Jakarta yang pernah dipimpin oleh Ali Sadikin pada periode 1966-1977 yang merupakan kelahiran Sumedang.

Baca juga: Pertemuan Anies-Emil di Sumedang Dikaitkan dengan Pilpres 2024, Ini Tanggapan Dony Ahmad Munir

"Kerja sama di bidang perdagangan ini merupakan tagihan royalti saya (Pemkab Sumedang) kepada Pak Anies (Pemprov DKI Jakarta)," kata Dony Ahmad Munir saat ditemui Tribun Jabar di Jatinangor, Minggu (13/6/2021).

Dony mengaku sudah kenal lama dengan orang yang digadang-gadang masuk dalam bursa pencalonan presiden 2024 ini.

"Saya dengan Pak Anies sudah lama kenal. Ketika zaman mahasiswa, beliau sebagai ketua Senat Mahasiwa di Universitas Gadjah Mada (UGM), dan saya sebagai salah satu ketua Senat Mahasiswa di Jawa Barat," tuturnya.

Kemudian, kata Dony, saat ia menjadi anggota Komisi X DPR RI, salah satu mitra kerjanya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang kala itu Anies Baswedan sebagai menterinya.

Akhirnya, ujar Dony, Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur Jakarta dan ia Bupati Sumedang. Awal akhir, kata dia, keduanya bertemu di rumah Menteri Bappenas.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil salat subuh berjamaah dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid Agung Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6/2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunaikan salat Subuh berjemaah dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid Agung Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6/2021). (Biro Adpim Jabar)

"Saat bertemu, saya menagih royalti ke Anies Baswedan dengan alasan bahwa Gubernur Jakarta periode 1966-1977, Ali Sadikin merupakan asli Sumedang. Saya berkata kepada Pak Anies bahwa saya menagih royalti dengan akan memasok hasil pertanian atau hasil UMKM di Sumedang ke Jakarta, dan akhirnya kami menggelar audensi dengan Pemprov Jakarta, dan disepakatilah kerja sama di bidang pertanian dan menyebutkan setelah Lebaran 2021 lalu, Pak Anies akan ke Sumedang," ujar politisi PPP ini.

Setelah mendapat respons dari Pemprov Jakarta, kata Dony, pihaknya langsung melapor ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait rencana kerja sama tersebut.

Sebab, kata Dony, Gubernur merupakan pembina kepala daerah di kabupaten/kota.

"Saya melapor ke Pak Gubernur, dan memintanya untuk dapat menghadiri pelaksanaan penandatanganan MoU antara Pemkab Sumedang dengan Pemprov Jakarta. Alhamdulillah, Pak Ridwan Kamil menghadirinya," kata Dony. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved