Breaking News:

Unhan Anugerahi Gelar Profesor Kehormatan untuk Megawati, Karena Punya Leadership yang Baik

Universitas Pertahanan (Unhan) menganugerahi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri gelar Profesor Kehormatan (Guru besar tidak tetap) pada Jumat (

Editor: Mega Nugraha
Tangkapan layar
Universitas Pertahanan (Unhan) menganugerahi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri gelar Profesor Kehormatan (Guru besar tidak tetap) pada Jumat (11/6/2021). 

TRIBUNJABAR.ID,BOGOR - Universitas Pertahanan (Unhan) menganugerahi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri gelar Profesor Kehormatan (Guru besar tidak tetap) pada Jumat (11/6/2021).

Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio mengatakan, pemberian gelar Profesor Kehormatan untuk Megawati berdasarkan kajian yang panjang. Salah satunya aspek kepemimpinan hingga pengetahuan yang kuat.

Baca juga: PDIP Jabar : Semoga Pertemuan Megawati - Prabowo Bisa Redam Isu Negatif, Tidak Hanya Pilpres 2024

"Kita lihat dari sisi knowledge, dari sisi leadership yang kuat dari bu Megawati. Kalau kami katakan, leadership di masa kritis, Ini wujud apresiasi dari Unhan sebagai satu-satunya National Defense University," ujar Marsetio, dikutip siaran langsung Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Megawati Soekarnoputri di kanal YouTube PDI Perjuangan, Jumat (11/6/2021).

Ini kali kedua Unhan memberikan gelar Profesor Kehormatan, Presiden RI Ke Enam Susili Bambang Yudhoyono juga sempat menerima gelar tersebut.

Gelar Profesor Kehormatan ini diberikan kepada pejabat atau tokoh nasional yang memberikan contoh loyalitas kepada bangsa dan negara.

"Kita lihat bagaimana Megawati beliau telah memberikan contoh-contoh leadershipnya. Bagimana masa bu Megawati di masa sulit, bisa mengatasi masalah multi dimensional bangsa, masalah di Poso-Ambon, kemudian Bom Bali. Dan dalam menjaga stabilitas negara agar persatuan terjaga," ujarnya.

Marsetio menjelaskan apa yang dimaksud dari gelar Profesor Kehormatan ini.

"Profesor atau guru Besar tidak tetap, artinya diberikan kepada seorang yang bukan akademisi. Bu Mega bukan akademisi, tapi beliau pemimpin, beliau punya leadership yang kuat untuk mambangun manjaga kekuatan bangsa dan negara," ucapnya.

Megawati juga mengemban gelar Doctor Honoris Causa (HC) baik dari perguruan tinggi dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Ini sebagai pembuktian bahwa proven kepemimpinan beliau adalah kelas dunia atau World Class Leadership," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved