Breaking News:

Satgas Covid-19 Purwakarta Kewalahan Banyaknya Pasien Positif Covid-19, BOR Lebih dari 100 Persen

Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Satgas Covid-19 menutup tempat wisata yang ada di Purwakarta selama sepekan

Istimewa
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Satgas Covid-19 menutup tempat wisata yang ada di Purwakarta selama sepekan, 12-20 Juni 2021.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menyatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan satgas kecamatan dan desa/kelurahan se-Purwakarta, bed occupancy rate (BOR) di semua rumah sakit rujukan telah 100 persen.

Bahkan ed occupancy rate (BOR) di RSUD Bayu Asih mencapai 103 persen dan di RS Siloam 102 persen.

"RSUD Bayu Asih IGD-nya hari ini sudah waiting list 18 pasien dan 15 sudah konfirmasi positif. Kami bentuk rumah sakit darurat Covid-19 dan sudah kami persiapkan di puskesmas kota. Kami akan tutup untuk umum dan persiapkan untuk pasien Covid-19," ujar Anne Ratna Mustika, Jumat (11/6/2021).

Ia juga mengaku pemerintah kewalahan dari segi tenaga medis dan peralatan serta perlengkapan lainnya lantaran banyak pasien Covid-19 dari luar Purwakarta.

Baca juga: Satu Kelurahan di Kota Bandung Masuk Zona Hitam Covid-19, Wali Kota Minta Disiplin Prokes

"30 persen yang positif di Bayu Asih itu dari luar Purwakarta. Sembilan orang meninggal per hari ini, dengan 4 orang di antaranya dari luar Purwakarta. Kami kewalahan menanganinya," katanya.

Satgas Covid-19 Purwakarta pun berencana mengupayakan rumah sakit darurat guna menampung 10 pasien di puskesmas kota dengan sasaran pasien gejala sedang.

Sementara pasien dengan gejala berat harus ke ICU, dan OTG di tempat isolasi di wilayah BIC yang dimaksimalkan hingga 85 kapasitas, sedangkan sekarang sudah terisi 74.

"Tempat wisata hari ini kami tutup mulai 12 Juni sampai 20 Juni. Apakah akan diperpanjang tergantung perkembangan Covid. Kami sering temukan kasus Covid-19 di wisata Ujung Aspal, dengan hasil swab antigen reaktif 16 orang. Semoga 16 orang itu bisa negatif. Kalau positif, kami akan tracing," ujarnya.(*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved